Pengembangan wakaf produktif di pasar tradisional: studi pada yayasan tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakiki, Yusril (2022) Pengembangan wakaf produktif di pasar tradisional: studi pada yayasan tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusril Hakiki_G05217024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Wakaf Produktif Di pasar tradisional (Studi Pada Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya)” dengan tujuan menjelaskan pengembangan wakaf produktif di Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya dan menjelaskan analisis SWOT pada pengembangan wakaf produktif di Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah teknikb observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah organizing, editing dan analizing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT pada pengembangan wakaf produktif di Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya adalah perlunya peningkatan aset berbentuk fasilitas dan perlengkapan kebutuhan pedagang, membentuk taman indah yang dikelola sendiri untuk menarik masyarakat berkunjung ke pasar, promosi mulut kemulut dan media sosial kepada para pedagang yang intens untuk pengembangan usahanya, para pedagang tidak dikenai biaya parkir, karena sudah membayar sewa kios perbulan dan petugas mencabut hak pengelolaan perseorangan. Analisis pengembangan wakaf produktif di Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya adalah lingkungan eksternal memiliki faktor kekuatan hukum dan teknologi. Hukum yang kuat memiliki power untuk mempertahankan hak tanah wakaf dalam peningkatan aset atau fasilitas. Sedangkan faktor teknologi perlu adanya pemanfaatan media sosial yang ada. Lingkungan internal ialah pembentukan buku hak pakai stad diterapkan di Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing. Isi dari buku tersebut ialah beberapa aturan yang diberlakukan kepada para pihak penyewa stand. Tujuannya untuk memberikan ketertiban dan kedisiplinan kepada para pedagang yang ada di pasar. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pihak Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya adalah perlunya peningkatan pengetahuan akan hal media sosial, melaksanakan strategi analisis SWOT yang telah di konsep, dan menarik kembali hak sewa lahan parkir perseorangan menjadi hak milik tanah wakaf Yayasan Tanah Wakaf Pasar Paing Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakiki, Yusrilyusrilhakiki86@gmail.comG05217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Pedagang
Pemberdayaan
Wakaf
Keywords: wakaf produktif; pasar tradisional
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Yusril Hakiki
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:36
Last Modified: 12 Jul 2022 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51837

Actions (login required)

View Item View Item