Fenomena mikro-selerbriti Mmuslim dalam bingkai eksklusivisme politis: analisis semiotika atas ekspresi dakwah Felix Siauw di media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulum, Muhamad Fahmi Bahrul (2022) Fenomena mikro-selerbriti Mmuslim dalam bingkai eksklusivisme politis: analisis semiotika atas ekspresi dakwah Felix Siauw di media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Fahmi Bahrul Ulum_E91217093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini akan membahas tentang fenomena Mikro-selerbriti Muslim dalam bingkai eksklisivisme politis, yaitu tentang adanya ekspresi dakwah yang eksklusif politis dari sari salah satu actor Mikro-selerbriti Muslim yaitu Felix Siauw. Berkaitan dengan itu tentunya skripsi ini akan mengkaji tentang ekspresi dakwah Felix Siauw yang terdapat dalam dua akun media social Instagramnya yaitu @felixsiauw dan @felix.siauw. Skripsi ini akan akan dimulai dengan menjawab dua pertanyaan besar yaitu tentang bagaimana bentuk ekspresi dakwah yang ditampilkan Felix Siauw selaku Mikro-selerbriti Muslim dalam akun media social Instagramnya?. Kemudian, bagaimana analisis semiotika Charles S. Pierce dalam mengungkap dakwah Felix Siauw yang eksklusif politis di media social Instagramnya?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunkan teori analisis semiotika Charles S. Pierce. Adapun setelah proses analisis penulis memperoleh hasil yang intinya membenarkan bahwa dalam ekspresi dakwah Felix di media social Instagramnya terdapat dakwah eksklusif politis. Lebih lanjut dari hasil analisis dijelaskan bahwa ada tiga hal yang mengindikasikan adanya dakwah yang eksklusif politis dalam ekspresi dakwah yang ditampilkan Felix Siauw di media social Instagramnya. Pertama, Felix masih memiliki afiliasi dengan HTI, di mana ia masih memposting tentang HTI. Kedua, Felix dalam reinterpretasi paradigma keIslaman seringkali dengan hanya menggunakan satu sudut pandang, secara hitam putih, dan merasa paling benar sendiri. Ketiga, Felix dalam beberapa postinganya juga kerapkali mengkampanyekan ide khilafahnya dengan upaya over glorifikasi kejayaan Islam, dan praktik Islamisme dengan cara mengkritik pemerintahan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulum, Muhamad Fahmi Bahrulnamafahmi17@gmail.comE91217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Pemikiran
Keywords: Mikro-Selebrti Muslim; Dakwah eksklusivisme politis; Felix Siauw; Semiotika Charles S. Pierce.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhamad Fahmi Bahrul Ulum
Date Deposited: 08 Feb 2022 11:54
Last Modified: 08 Feb 2022 11:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51820

Actions (login required)

View Item View Item