Catcalling terhadap perempuan berpenampilan Syar'i di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Eliyana (2022) Catcalling terhadap perempuan berpenampilan Syar'i di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eliyana Dewi Sunti_E91217071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Catcalling merupakan pelecehan seksual secara verbal yang mayoritas perempuan alami ketika berada di publik. Salah satu bentuk pelecehan tersebut adalah bersiul, berkomentar, dan melakukan kontak mata untuk memdapatkan perhatian dari lawan jenis. Perempuan berpenamilan syar’i tidak dapat terlepaskan dari tindakan catcalling ini. Keberadaan perempuan berpenampilan syar’i menjadi termarginalkan karena pakaian yang dikenakan. Oleh karena itu, fokus penulis dalam menyelesaikan penelitian ini merupakan sebuah tindakan catcalling yang perempuan berpenampilan syar’i alami di publik. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode in depth interview atau teknik wawancara secara mendalam terhadap informan untuk menggali sebuah informasi dan untuk menunjang penelitian, penulis menggunakan teknik snowball dalam menentukan informan penelitian yang sesuai dengan karakteristik yang peneliti kehendaki. Hasil analisis data, penulis menggunakan teori yang dikembangkan oleh Patricia Hill Collins yang memaparkan bahwa penindasan yang perempuan alami karena adanya opresi yang berdasarkan pada gender, dan perempuan mengalami penindasan secara berbeda oleh beragam ketidaksetaraan sosial lainnya. Selain itu, didukung dengan teori motif Alfred Schutz yang menyatakan bahwa adanya motif dari masa lalu because motif yang berpengaruh terhadap perilaku seseorang di masa saat ini. kondisi yang salah dalam perilaku masa lampau tersebut yang kemudian berkembang dengan motif saat ini yang mempengaruhi in order motif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Eliyanaeliyanadewi99@gamil.comE91217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gamil.com2030017101
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Fasilitas Umum
Perilaku
Keywords: Catcalling; publik; perempuan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Eliyana Dewi
Date Deposited: 06 Feb 2022 08:03
Last Modified: 06 Feb 2022 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51784

Actions (login required)

View Item View Item