Konsep diri mahasiswi Salafi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya teori Looking Glass Of Self Charles Horton Cooley

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarrommah, Nur Nuzulul Lailil (2022) Konsep diri mahasiswi Salafi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya teori Looking Glass Of Self Charles Horton Cooley. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Nuzulul Lailil Mukarrommah_E91217104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salafi merupakan Muslimah yang memakai pakaian tertutup, longgar atau tidak ketat, berjilbab panjang hinga menutup dada dan punggung. Pakaian yang digunakan berwarna gelap seperti hitam, coklat dan lainnya, tidak membentuk lekuk-lekuk tubuh perempuan yang sensitif. Identitas salafi yang ditemukan dalam penelitian ini mendapatkan dua kategori dalam konsep diri mahasiswi salafi yaitu internal dan eksternal. Rasa aman dan tenang dalam memakai pakaian syar’i dikategorikan ke dalam konsep diri eksternal, sebagai Islam kaffah dan ahlusunnah karena menurut salafi ini sebagai ajaran yang menjadi pengikut para Sahabat Nabi termasuk ke dalam kategori konsep diri internal. Oleh karena itu, fokus penilitian ini merupakan looking glass self yang di dalamnya terdapat konsep diri yang dilakukan oleh mahasiswi salafi dengan menilai dirinya sendiri sebagai orang salafi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam dan menggunakan teknik purposive dalam menentukan informan penelitian yang sesuai dengan karakteristik yang peneliti kehendaki. Dalam analisis data, penulis menggunakan teori yang dikembangkan oleh Charles Horton Cooley yang memaparkan bahwa penilaian diri sangat penting, penilaian diri berawal dari tidakan meniru orang lain tetapi dirinya sendiri yang menilainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarrommah, Nur Nuzulul Lailillaililmukarrommmah0@gmail.comE91217104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Muslimah Salafi; konsep diri; Looking Glass.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Mukarrommah
Date Deposited: 06 Feb 2022 13:44
Last Modified: 06 Feb 2022 13:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51783

Actions (login required)

View Item View Item