Pembelajaran daring di era pandemiCovid-19 dalam perspektif siswa SD/MI: studi kasus di Kelurahan Ngagelrejo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferbiani, Aisyah Nur Rahmah (2022) Pembelajaran daring di era pandemiCovid-19 dalam perspektif siswa SD/MI: studi kasus di Kelurahan Ngagelrejo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Aisyah Nur Rahmah Febriani_D97217082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pembelajaran telah berubah yang pada awalnya dilakukan secara langsung konvensional menjadi pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19. Pembelajaran daring ini menggunakan pendekatan ilmiah, berbasis kompetensi, keterampilan aplikatif, dan terpadu. Hal tersebut melatar belakangi peneliti untuk melaksanakan penelitian guna mengetahui konsep belajar yang digunakan dan juga perspektif dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini, yakni: 1.) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berbasis daring pada masa pandemi covid-19 yang diterapkan dirumah oleh orang tua untuk membimbing, mengajar, dan mendampingi anak. 2.) untuk mengetahui perspektif orang tua dan anak SD/MI terhadap proses pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19.Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti, yakni: pendekatan menggunakan kualitatif, jenis penelitian menggunakan teori John Cresswell tentang studi kasus eksplorasi, teknik pengumpulan data, yakni: angket, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik pemilihan responden sebagai informan, peneliti menggunakan mekanisme disengaja (purposive sampling) yang ditujukan kepada orang tua dan siswa SD/MI sehingga informasi yang diperoleh valid. Data utama menggunakan wawancara secara mendalam dan data tambahan menggunakan angket. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan teori Lezy Moelong tentang triangulasi data, lalu terakhir teknik analisis data dengan menggunakan teori John Cresswell tentang pengkodean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan zoom meeting dan whattsapp, metode yang digunakan ceramah, media pembelajaran yang digunakan berupa gambar dan video, evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian pengetahuan dan penugasan individu, durasi pembelajaran daring lebih sedikit, dan biaya menjadi bertambah. 2.) Orang tua belum bisa mengontrol karakter anaknya sendiri, belum dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman yang anak peroleh, dan belum bisa menjelaskan materi pembelajaran yang berkaitan dengan rumus-rumus, dan penyusunan kalimat kebahasaan. Anak sebagai siswa-siswi SD/MI belum memiliki perangkat elektronik karena terhalang ekonomi, kelas bawah belum dapat mengoperasikan aplikasi pembelajaran berbanding terbalik dengan anak kelas, dan lebih mudah memahami pelajaran dengan penjelasan yang diberikan oleh guru secara langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferbiani, Aisyah Nur Rahmahaisyahnurafe@gmail.comD97217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Sosiologi
Orang tua dan Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19; Perspektif Siswa SD/ MI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aisyah Nur Rahmah Febriani
Date Deposited: 06 Feb 2022 04:57
Last Modified: 06 Feb 2022 04:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51780

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item