Problematika pendampingan orang tua dalam pembelajaran online di masa pandemi terhadap peserta didik kels III Al-Bantani MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Ni'matur Rizqi (2022) Problematika pendampingan orang tua dalam pembelajaran online di masa pandemi terhadap peserta didik kels III Al-Bantani MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matur Rizqi Amalia_D07217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di MI Nurul Islam Pongangan, bahwa dalam pembelajaran online banyak ditemui orang tua yang masih mengalami masalah dalam proses pendampingan belajar.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui problematika yang dialami oleh orang tua dalam melakukan pendampingan belajar online di masa pandemi. 2) Untuk memberikan solusi dari problematika yang dialami oleh orang tua dalam melakukan pendampingan belajar online di masa pandemi.Penelitian ini merupaka penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data(reduction), penyajian data(display), dan penarikan kesimpulan(verification).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Problematika yang dialami orang tua dari anak kelas III Al-Bantani MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik dalam mendampingi anak belajar online, antara lain: kesulitan membagi waktu karena sibuk bekerja, orang tua yang tidak paham materi pembelajaran, boros kuota internet, jaringan internet yang lemot, orang tua yang kurang sabar menghadapi tingkah anak, anak yang sulit konsentrasi, tidak memiliki handphone android,lingkungan belajar yang kurang kondusif.2) Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan meyakinkan orang tua agar lebih bisa memanajemen waktu dengan baik; bertanya kepada guru mengenai materi pembelajaran; bantuan kuota gratis dari sekolah; mengganti kartu perdana; mengatur emosi di hadapan anak; melakukan ice breaking dan menciptakan suasana belajar yang kondusif; memilih ruangan di dalam rumah yang bersih dan jauh dari keramaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Ni'matur Rizqiamalia6498@gmail.comD07217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan
Orang tua dan Anak
Keywords: Problematika; pendampingan orang tua; belajar online.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ni'matur Rizqi Amalia
Date Deposited: 12 Feb 2022 10:39
Last Modified: 12 Feb 2022 10:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51769

Actions (login required)

View Item View Item