Perilaku remaja muslimah di aplikasi Tik Tok dalam kajian Fenomenologi Alfred Schutz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutakim, Faiz Dian (2022) Perilaku remaja muslimah di aplikasi Tik Tok dalam kajian Fenomenologi Alfred Schutz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiz Dian Mutakim - E91217073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji tentang perilaku remaja muslimah di aplikasi Tik Tok. Perilaku menjadi salah satu aspek yang sangat berkaitan dengan dampak dari Tik-Tok maupun penggunaan internet, baik berdampak positif maupun negatif. Konten-konten yang dibuat tentunya sangat bermacam-macam, namun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah konten dari para remaja muslimah. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui perilaku para remaja muslimah tersebut dalam menggunakan aplikasi Tik Tok dengan kajian dari fenomenologi Alred Schutz. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan kajian teori Fenomenologi Alfred Schutz menemukan beberapa hasil penelitian yang diantaranya, faktor yang menjadi latar belakang (Because Motive) bagi para remaja muslimah untuk membuat konten di Tik Tok yaitu faktor sosial, perkembangan teknologi dan ekonomi. Faktor sosial terjadi karena ajakan atau pengaruh dari teman, sedangkan faktor teknologi terjadi karena memang keinginan dari remaja tersebut untuk mencoba aplikasi yang sedang berkembang saat ini. sedangkan tujuan (In Order To Motive) dari remaja muslimah tersebut yaitu sebuah popularitas dan ekonomi. Faktor ekonomi dan popularitas terjadi karena memang dalam aplikasi Tik Tok ini bisa menghasilakan pundi-pundi uang jika memang akun yang mereka mempunyai pengikut atau konten yang mereka buat memiliki view yang sangat banyak, hal ini lah yang dimanfaatkan oleh remaja muslimah tersebut tanpa melihat identitas mereka sebagai remaja muslimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutakim, Faiz Diandianmutakim24@gmail.comE91217073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Perilaku
Keywords: Tik Tok; Remaja muslimah; Fenomenologi; Perilaku.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Faiz Dian Mutakim
Date Deposited: 10 Feb 2022 15:41
Last Modified: 10 Feb 2022 15:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51745

Actions (login required)

View Item View Item