الجناس والسجع في المقامات الكوفية لأبي محمد القاسم بن علي بن محمد بن عثمان الحريري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbi, Hilwa Adenya Assyifatul (2022) الجناس والسجع في المقامات الكوفية لأبي محمد القاسم بن علي بن محمد بن عثمان الحريري. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilwa Adenya Assyifatul Qolbi_A91217108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja macam-macam Jinas dan Saja’ dalam maqamat al-Hariri, dan penulis juga ingin membuktikan bahwa dalam karya sastra arab terdapat keindahan lafadz, salah satu keindahan lafadz tersebut terdapat dalam maqamat al-Kufiyyah karya al-Hariri ini. Peneliti memilih maqamat yang menajdi sumber data dari penelitian ini karena belum ada yang membahas tentang maqamat al-Kufiyyah ini.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu menganalisis teks maqamat al-Kufiyyah karya al-Hariri dengan cara mengelompokkan kalimat-kalimat apa saja yang termasuk jinas dan saja’. Sehingga penulis dapat dengan mudah menentukan kata tersebut masuk dalam Jinas dan Saja’ apa saja. Langkah-langkah dalam menganalisis maqamat tersebut yaitu yang pertama harus mengetahui makna dan maksud dalam kalimat tersebut, kemudian mengumpulkan dan mengklasifikasikan mana saja yang termasuk Jinas dan mana saja yang termasuk Saja’. Setelah melakukan Langkah-langkah tersebut peneliti menemukan 5 jenis Jinas Ghairu Tam yaitu Jinas Lahiq, Mudhori’, Naqis, Muharraf, dan Mushahhaf. Dan secara khusus peneliti menemukan 8 data Jinas Lahiq, 5 data Jinas Mudhori’, 5 data Jinas Naqis, 2 data Jinas Muharraf, dan 1 data Jinas Mushahhaf. Selain itu, peneliti juga menemukan 2 jenis Saja’ yaitu Saja’ Mutawazzi dan Saja’ Muthorrof. Secara khusus peneliti menemukan 17 data Saja’ Muthorrof dan 14 data Saja’ Mutawazzi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbi, Hilwa Adenya AssyifatulHilwaadenya14@gmail.comA91217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, HimmatulHimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Retorika
Keywords: Jinas; Saja; Maqamat al-Kufiyyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hilwa qolbi
Date Deposited: 06 Feb 2022 03:27
Last Modified: 06 Feb 2022 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51744

Actions (login required)

View Item View Item