Pola komunikasi keluarga polisi dalam menanamkan kedisiplinan anak di Asrama Polisi Kepanjen Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paradiba, Prisilia Dila (2021) Pola komunikasi keluarga polisi dalam menanamkan kedisiplinan anak di Asrama Polisi Kepanjen Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prisilia Dila Paradiba_B05218029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi keluarga polisi dalam menanamkan kedisiplinan pada anak di Asrama Polisi Kepanjen Surabaya dan pola komunikasi yang digunakan dalam keluarga polisi di Asrama Polisi Kepanjen Surabaya. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, informan ditentukan, yakni orang tua yang salah satu atau keduanya adalah polisi dan anak dalam rentang usia 10-20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) (a) Proses komunikasi primer terjadi saat orang tua polisi telah menyelesaikan tugas dinasnya dan berkomunikasi dengan anak, membahas mengenai aktivitas dan masalah anak. Proses komunikasi sekunder terjadi dengan mayoritas media yang digunakan adalah handphone serta aplikasi whatsapp (b) Proses komunikasi keluarga polisi dalam menanamkan kedisiplinan digambarkan dengan model proses komunikasi Ogood dan Schramm dengan orang tua polisi sebagai encoder dan anak sebagai decoder (2) Ditemukan mayoritas keluarga polisi memiliki pola komunikasi persamaan (Equality Pattern), beberapa keluarga yang memiliki kesaamaan memiliki pola komunikasi tidak seimbang-terpisah (Unbalanced Split Pattern) dan pola komunikasi seimbang terpisah (Balance Split Pattern), serta terdapat satu keluarga yang memiliki pola komunikasi keluarga monopoli (Monopoly pattern).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paradiba, Prisilia Dilaprisiliadila14@gmail.comB05218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi
Polisi
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Proses komunikasi; Keluarga polisi; Pola komunikasi keluarga; Kedisiplinan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Prisilia Dila Paradiba Padang
Date Deposited: 04 Feb 2022 00:40
Last Modified: 04 Feb 2022 00:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51692

Actions (login required)

View Item View Item