Konsep gempa bumi dan tsunami perspektif Agus Purwanto: studi tematik ayat-ayat gerakan tektonis dalam nalar ayat-ayat semesta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Muhammad Afiiful (2022) Konsep gempa bumi dan tsunami perspektif Agus Purwanto: studi tematik ayat-ayat gerakan tektonis dalam nalar ayat-ayat semesta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afiiful Arif_E03218016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gempa Bumi dan Tsunami merupakan salah satu macam bencana alam yang dirasakan manusia yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, bahkan¬ oleh alat secanggih apapun. Dua Bencana Alam tersebut dalam beragam mitologi masyarakat dipercaya diakibatkan oleh ulah makhluk-makhluk metafisik maupun dewa-dewi dan juga dipengaruhi oleh kepercayaan atas bentuk bumi yang beragam. Agus Purwanto menyorot hal tersebut dan dengan ikhtiar tafsir ilminya berusaha menjelaskan bahwa gempa bumi dan tsunami merupakan penyebab bergeraknya lempengan bumi dan kehendak Allah SWT sebagaiman dalam Q.S. Al-Zumar ayat 67. Rumusan Masalah yang akan dikaji adalah sebagai berikut: Bagaimana Penafsiran ayat-ayat tentang gerakan tektonis bumi dan tsunami menurut Agus Purwanto ? Bagaimana konsep Agus Purwanto tentang gempa bumi dan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta? Bagaimana relevansi konsep gempa bumi dan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta dengan sains modern?. maka didapati tujuan penelitian sebagai berikut: Menjelaskan penafsiran ayat-ayat tentang gerakan tektonis bumi dan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta. Menjelaskan konsep Agus Purwanto tentang gempa bumi dan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta. Menjelaskan relevansi konsep gempa bumi dan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta dengan sains modern. Teori analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengaplikasikan metode kualitatif, data-data yang diperlukan bersumber dari library research, yakni mengumpulkan berbagai sumber referensi atau rujukan melalui kajian kepustakaan, baik berupa buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lain. Hasil penelitian ini adalah Agus memahami dalam Alquran surah Al-Zalzalah ayat 1, Al-Fajr ayat 21, Al-Waqiah ayat 4, Al-Mulk ayat 16 dan Al-Zumar ayat 67 memahami bahwa terma zalzalah, dakk, rajja, khasafa, qabadaha dan tamuur dalam surah-surah tersebut merupakan sifat-sifat dari gerakan tektonis bumi yang terdapat di dalam Alquran dan terjadi di Bumi bukan hanya pada hari kiamat, melainkan pada konteks sekarang. Dan hal tersebut dapat dirincikan dengan terjadinya gempa tektonik, vulkanik, reruntuhan gua, gempa ledakan dan jatuhnya meteor. Sedangkan tsunami dalam nalar ayat-ayat semesta disebabkan oleh zona subduksi, patahan, gunung aktif, longsor bawah tanah dan jatuhnya benda-benda angkasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Muhammad Afiifulafiiful1006@gmail.comE03218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id197111021995032001
Subjects: Bencana alam
Pemikiran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Gempa; Tsunami; Agus Purwanto; nalar ayat-ayat semesta
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Afiiful Arif
Date Deposited: 25 May 2022 02:57
Last Modified: 25 May 2022 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51687

Actions (login required)

View Item View Item