Pemikiran dan Geraakan Prawoto Mangkusasmito terhadap Islam dan Negara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Satriya Candra (2022) Pemikiran dan Geraakan Prawoto Mangkusasmito terhadap Islam dan Negara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satriya Candra Pamungkas_A92216099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemikiran dan Gerakan Prawoto Mangkusasmito terhadap Islam dan Negara. Skripsi ini terfokus pada: 1. Bagaimana riwayat hidup Prawoto Mangkusasmito? 2. Bagaimana pemikiran Prawoto Mangkusasmito terhadap Islam dan Negara? 3. Bagaimana gerakan Prawoto Mangkusasmito terkait Islam dan Negara?. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Sejarah. Langkah-langkah dalam penulisan metode sejarah meliput: Heuristik (pengumpulan sumber); Verifikasi (kritik sumber); Interpretasi (penafsiran sumber); dan Historiografi (penulisan sejarah). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Pendekaan historis, digunakan untuk menganalisis dan memberi kerangka penulisan terhadap obyek yang akan diulas secara diakronis. Pendekatan sosiologi, digunakan untuk menganalisis pola pemikiran dan tindakan-tindakanya di ruang-ruang publik. Sedangkan teori yang diimplementasikan yakni teori peran menurut Biddle serta Thomas. Hasil skripsi ini menyimpulkan bahwasannya: 1). Prawoto hidup sebagai aktivis Islam dari masa mudanya hingga akhir hayatnya, baik di bidang pendidikan, politik, dakwah, dan sosial kemasyarakatan. 2). Prawoto memiliki pemikiran bahwa nilai-nilai Islam harus masuk dalam konstitusi dan undang-undang negara. Untuk itulah umat Muslim di segala bidang harus turut aktif dalam sistem dan partisipasi kenegaraan. 3). Prawoto menjalankan gerakan dan peranannya yang terbagi menjadi 3 bidang, yaitu pendidikan, politik, serta dakwah-kemasyarakatan. Dalam bidang politik bergerak melalui Masyumi, di bidang pendidikan bergerak melalui STI dan YAPI, dan dalam bidang dakwah kemasyarakatan bergerak melalui DDII, KBIM, dan STII.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Satriya Candrasatriyacandrapamungkas@gmail.comA92216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu--196808062000031003
Subjects: Biografi
Pemikiran
Keywords: Prawoto Mangkusasmito; Islam; Negara.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Satriya Candra Pamungkas
Date Deposited: 30 Jan 2022 18:25
Last Modified: 30 Jan 2022 18:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51675

Actions (login required)

View Item View Item