Perjanjian pranikah perspektif Wahbah Zuhaili: kajian tafsir tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Rizkia (2022) Perjanjian pranikah perspektif Wahbah Zuhaili: kajian tafsir tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizkia Damayanti_E03218024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model penelitian ini bersifat kepustakaan atau library research. Dengan menggunakan metode deskriptif dan tematik konseptual yaitu riset terhadap konsep tertentu yang secara eksplisit tidak disebutkan dalam Alquran tetapi secara subtansial ide tentang konsep tersebut ada dalam Alquran. Dewasa ini banyak diperbincangkan masalah mengenai hukum keluarga Islam terlebih permasalahan mengenai hak dan kewajiban suami istri, tujuan dibuatnya perjanjian pranikah adalah untuk mengatur hak dan kewajiban pasangan, mengatasi konflik pernikahan, serta meminimalkan perceraian. Masyarakat modern saat ini kurang memahami hukum Islam itu sendiri, sehingga jika perjanjian pranikah dibutuhkan maka boleh saja selama tidak melanggar syariat dan tetap dalam batasan hukum yang berlaku. Maka untuk menghadapi perkembangan zaman dan perubahan sosial yang semakin maju, diperlukan pola pikir yang senantiasa berorientasi kepada Alquran. Karenanya kontekstualisasi penafsiran ayat Alquran terhadap perjanjian pranikah dibutuhkan agar dapat dikaji lebih dalam dan diteliti lebih lanjut. Wahbah Zuhaili mengatakan jika syarat yang disebutkan dalam akad nikah lebih besar pengaruhnya dari pada syarat dalam jual beli, sewa menyewa, serta akad yang lain. Hal ini selaras dengan penafsirannya dalam surat al-Maidah ayat 1 serta al-Isra’ ayat 34 bahwa makna akad adalah kesepakatan antara manusia dengan Allah serta manusia dengan sesamanya. Karenanya kedudukan perjanjian perkawinan sama kuatnya dengan perjanjian kesepakatan menjalin persekutuan, perserikatan dan hal yang lain, tentunya pendapat ini berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh ‘Uqbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Rizkiarizkiadamayanti99@gmail.comE03218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Perkawinan
Keywords: Perjanjian; Pranikah; Wahbah Zuhaili.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rizkia Damayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 15:46
Last Modified: 05 Mar 2022 15:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51669

Actions (login required)

View Item View Item