Komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sundari, Siti (2022) Komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sundari_B75218083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Serta bagaimana gaya komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Untuk menjawab permasalahan tersebut secara terperinci serta mendalam, maka penelitian disini menggunakan metode kualitatif untuk memaparkan data tentang komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan berdasarkan teori pengurangan ketidakpastian. Dari hasil penelitian disini ditemukan bahwa proses komunikasi antarbudaya masyarakat Desa Kalijaran Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya, baik secara verbal maupun nonverbalnya adalah dengan adanya perbedaan bahasa tidak menjadikan sebagai hambatan untuk saling mengenal satu sama lain serta tidak mempengaruhi untuk berkomunikasi dengan ciri khasnya masing-masing. Komunikasi yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi dan adanya perubahan terhadap penampilan pada perantau. Sedangkan gaya komunikasi antarbudaya yang dipakai etnis Madura, Flores dan Sulawesi adalah gaya agresif. Pada etnis Bojonegoro, Lamongan dan Jombang adalah gaya asertif, sedangkan gaya santai dipakai oleh masyarakat itu sendiri serta gaya yang tepat dipakai oleh beberapa dari etnis yang ada di desa tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sundari, Sitistssundari@gmail.comB75218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--197306202006041001
Subjects: Kebudayaan
Komunikasi
Masyarakat
Keywords: Komunikasi; Antarbudaya; Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Siti Sunda Siti Sundari
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:14
Last Modified: 27 Jan 2022 04:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51657

Actions (login required)

View Item View Item