Desain user interface deaf E-Learning menggunakan metode user centered design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamakhsyari, Fardan (2022) Desain user interface deaf E-Learning menggunakan metode user centered design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fardan Zamakhsyari_H76217056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, keberlangsungan dan cara pengajaran sangat mempengaruhi hasil pendidikan. Hal ini tak terkecuali bagi siswa tunarungu SLB Putra Asih Kediri, yang mana memerlukan upaya lebih dalam pembelajaran. Pola pembelajaran kognitif yang melakukan pendekatan pembelajaran melalui media visual menjadi karakteristik pembelajaran bagi siswa tunarungu, yang mana lebih cepat menerima informasi melalui media visual. Namun hal ini menjadi kendala tersendiri ketika pembelajaran dilakukan secara online, mengingat beberapa semester terakhir KBM dilaksanakan secara online karena dampak dari pandemi. Berdasarkan hal itu maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam proses KBM. Dalam penelitian ini pembuatan media pembelajaran terfokus pada pembuatan desain User Interface, yang mana menjadi pusat interaksi antara sistem dan pengguna, dalam proses pembuatannya menggunakan metode User Centered Design yang mana menjadikan pengguna sebagai poros utama pembuatan sistem. Hasil dari desain User Interface berbentuk purwarupa prototype dan akan diuji menggunakan usability testing ISO-924I dengan menilai efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna. Hasil akhir dari pengujian usability testing ISO-924I menunjukkan hasil bahwa efektifitas dari penggunaan aplikasi mendapatkan nilai diatas rata-rata dengan persentase keberhasilan 87,15%, kemudiaan efektivitas dari desain user interface juga mendapatkan nilai diatas rata-rata dengan persentase 80,05%. Dan terakhir dari segi kepuasan pengguna mendapatkan nilai persentase 71,18% yang mana masuk dalam kategori Acceptable yang berarti mendapatkan respon positif dari pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamakhsyari, Fardanmasfardan99@gmail.comH76217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Tunarungu; Deaf Learning; User Interface; User Centered Design; Usability Testing .
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fardan Zamakhsyari
Date Deposited: 28 Jan 2022 12:16
Last Modified: 28 Jan 2022 12:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51656

Actions (login required)

View Item View Item