Penggunaan Semicolon sebagai photo profil pada media sosial TikTok: studi fenomenologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chrisnawati, Fitri (2021) Penggunaan Semicolon sebagai photo profil pada media sosial TikTok: studi fenomenologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Chrisnawati_B75218057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semicolon adalah sebuah tanda baca titik koma yang akhir-akhir ini mulai digunakan sebagai salah satu symbol kesehatan mental. Salah satu penggunaannya adalah sebagai photo profil dalam media sosial tiktok, semicolon hadir untuk memberikan harapan dan sebagai tempat untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya. Banyaknya pengguna photo profil semicolon menimbulkan pertanyaan, apakah semicolon dipergunakan semustinya atau hanya mengikuti tren agar menaikkan akun media sosial tik toknya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau maknadan motif seseorang dalam menggunakan photo profil semicolon pada media sosial tiktok. Penelitian menggunakan metode penelitiam kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dalam bingkai teori fenomenologi Schutz dan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna semicolon bagi pengguna photo profil semicolon adalah sebuah simbol gerakan kesehatan mental yang bernama semicolon project yang digunakan oleh seseorang yang memiliki gangguan mental. Adapun motifnya adalah karena pengalaman masa lalu dan untuk memberi dukungan kepada penyintas kesehaan mental dan mencari lingkup pertemanan dengan ketertarikan pada isu esehatan mental.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chrisnawati, Fitrib75218057@uinsby.ac.idB75218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, ImamUNSPECIFIED2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Semicolon; tik tok; fenomenologi Schutz
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitri Chrisnawati
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:08
Last Modified: 24 Feb 2022 05:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51593

Actions (login required)

View Item View Item