Analisis disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika model eliciting activities (mea)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Desi Nur (2021) Analisis disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika model eliciting activities (mea). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Nur Hidayah_D74215037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disposisi matematis adalah kecenderungan sikap dan perilaku positif dalam belajar matematika sehingga merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika Model Elicting Activities (MEA) dapat memunculkan disposisi matematis siswa melalui diskusi kelompok dalam menyelesaikan masalah. Tipe kepribadian Keirsey masing-masing memiliki sikap dan ciri yang berbeda dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran yang terperinci mengenai karakteristik disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika MEA ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII G SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. Seluruh siswa mengisi angket tipe kepribadian Keirsey kemudian dibentuk menjadi 6 kelompok dengan masing-masing anggota terdiri dari 4 siswa heterogen untuk dilakukan pembelajaran materi SPLDV dengan pembelajaran matematika MEA. Subjek yang diamati lebih mendalam adalah 8 subjek terpilih berdasarkan angket dan rekomendasi guru mata pelajaran. Masing-masing subjek terdiri dari 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian artisan, guardian, idealist dan rational. Untuk memperoleh data penelitian, dilakukan observasi saat pembelajaran, kemudian 8 subjek terpilih diberikan angket disposisi matematis dan dilakukan wawancara setelah selesai pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika MEA dengan tipe kepribadian artisan memenuhi indikator disposisi matematis dalam 4 kategori baik dan 1 kategori cukup baik. Pada siswa dengan tipe kepribadian guardian memenuhi indikator disposisi matematis dalam 1 kategori baik dan 4 kategori cukup baik. Pada siswa dengan tipe kepribadian idealist memenuhi indikator disposisi matematis dalam 3 kategori baik dan 2 kategori cukup baik. Sedangkan pada siswa dengan tipe kepribadian rational memenuhi indikator disposisi matematis dalam 2 kategori baik dan 3 kategori cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Desi Nurakhwatpendosa396@gmail.comD74215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Belajar
Kepribadian
Matematika
Keywords: Tipe kepribadian Keirsey; Disposisi Matematis; Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Desi Nur Hidayah
Date Deposited: 28 Jan 2022 11:35
Last Modified: 28 Jan 2022 11:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51527

Actions (login required)

View Item View Item