Strategi Kepala Sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program Zero Waste di SMP Al Islah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfaruk, Muchammad Musa (2021) Strategi Kepala Sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program Zero Waste di SMP Al Islah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Musa Alfaruk_D93217110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi bahwa Pendidikan dan kesehatan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan berkaitan dengan erat. Pendidikan adalah sarana yang digunakan oleh seoranng individu dengan tujuan nantinya mendapat pemahaman terkait kesadaran kesehatan. Kebanyakan orang menilai apabila seorang mendapatkan pengetahuan yang cukup maka ia akan mempunyai tingkat kesadaran kesehatan yang baik pula, dengan begitu seseorang akan menerapkan pola hidup yang sehat juga. Oleh karena itu jika lembaga pendidikan apabila ingin menjadi sekolah sehat, kepala sekolah harus melakukan penerapan strategi untuk tidak menggunakan atau mengurangi penggunaan plastik atau bisa disebut dengan zero waste, karena pemakaian plastik yang sangat banyak akan berdampak besar terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Islah adalah satu satunya sekolah swasta yang mendapatkan penghargaan melalui program zero waste di kota Surabaya. Adamya sekolah sehat melalui program Zero waste tidak akan lepas dari peran strategi kepala sekolah dalam mengelola sekolah tersebut. Strategi kepala sekolah di SMP Al Islah Surabaya dilakukan dengan membuat Tim Program Zero Waste, merumuskan atau merencanakan program, memonitoring, dan mengevaluasi program Zero Waste. Dengan penggunaan konsep manajemen yang dimotivasi oleh kepala sekolah tersebut, maka kegiatan dan program Zero Waste yang ada di SMP Al Islah dapat berjalan dengan baik. Kepala SMP Al Islah Surabaya juga menggunakan pendekatan secara langsung kepada warga sekolah dalam mensosialisasikan dan mencontohkan program kerja yang sudah direncanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfaruk, Muchammad Musaalfaruq.musa@gmail.comD93217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa’arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; program Zero Waste; SMP Al Islah Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchammad Musa Alfaruk Musa
Date Deposited: 25 May 2022 02:46
Last Modified: 25 May 2022 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51518

Actions (login required)

View Item View Item