Pengaruh penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Erika Indah Puspita (2020) Pengaruh penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erika Indah Puspita Sari_D91216097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menjawab rumusan masalah yang meliputi: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih di kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan, dan (3) Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti adalah populasi siswa kelas X MIPA 1 di MAN 2 Lamongan, yakni sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yakni wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan jenis analisis product moment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa; (1) Penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih di kelas X MIPA 1 ini termasuk masih kurang, hal ini dibuktikan berdasarkan angket terkait pendapat dari siswa mengenai penerapan pembelajaran daring dari hasil perhitungan analisis data hasil angket adalah 22,87% berada pada interval ≤24% yang berarti tergolong masih kurang; (2) Hasil belajar siswa tersebut tergolong baik, dibuktikan melalui hasil analisis data dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 86,06 yang mengacu pada kriteria penilaian berdasarkan aplikasi dari kurikulum; (3) Dari data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus product moment menghasilkan rxy = 0,126 tergolong berpengaruh sangat rendah yang terletak pada interval 0,000 sampai dengan 0,200. Dan untuk menguji apakah hipotesis penelitian ini diterima atau ditolak, peneliti membandingkan nilai rxy = 0,126 dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,367 dan pada taraf signifikansi 1% = 0,470. Diketahui bahwa nilai rxy lebih kecil daripada r tabel sehingga menghasilkan kesimpulan bahwasanya Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X MIPA 1 MAN 2 Lamongan sangat rendah, hal ini dilihat dari proses penerapan pembelajaran pada siswa yang masih kurang aktif dan belum bisa mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran daring berlangsung kurang baik. Dalam hal ini untuk menunjang kesuksesan penerapan pembelajaran daring ini perlu adanya kerjasama yang baik diantara pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Erika Indah Puspitaerikaindahps97@gmail.comD91216097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran daring; hasil belajar; Mata Pelajaran Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erika Indah Puspita Sari
Date Deposited: 23 May 2022 08:35
Last Modified: 23 May 2022 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51508

Actions (login required)

View Item View Item