Pengelolaan sampah melalui bank sampah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi di Bank Sampah Makmur Sejati Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Indah Ainur (2021) Pengelolaan sampah melalui bank sampah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi di Bank Sampah Makmur Sejati Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Ainur Rohmah _I73217059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahn sampah merupakan masalah nasional dimana masyarakat menjadi penyumbang terbesar volume sampah, dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pola konsumsi masyarkat yang tinggi menyebabkan pemicu tidak terkendalinya sampah mulai dari volume, karakteristik, dan jenis sampah yang meningkat. Dalam hal ini yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dan didampingi bank sampah sebagai wadah ataupun fasilitator dalam melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pengelolaan sampah yang nantinya akan memberi keuntungan ekonomi pada masyarakat, dan juga menjadikan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana persepsi masyarakat terhadap sampah yang ada dilingkungan sekitar (2) bagaimana peranan masyarakat dalam manajemen pengelolaan sampah (3) bagaimana peranan bank sampah dalam pengelolaan sampah yang akan menjadi nilai jual untuk mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional – Talcott Parson, teori ini memandang masyarakat sebagai suatu sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bagian yang satu tidak dapat berfungsi tanpa adanya hubungan dengan bagian yang lain untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktek pengelolaan sampah pada Bank Sampah Makmur Sejati untuk mensejahterakan masyarakat Kecamatan Waru tidak terlalu signifikan dalam meningkatkan perekonomian nasabah. Akan tetapi banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dengan adanya pengelolaan sampah tesebut, dimana lingkungan mereka terlihat lebih bersih, sehat dan rapi, kepedulian masyarakat mengenai sampah-sampah yang ada dilingkungan mereka. Serta praktek pengelolaan sampah yang dilakukan Bank Sampah makmur Sejati dengan melibatkan potensi nasabah dalam pengelolaan dan pemilahan sampah dan juga menjalankan program bank sampah. Selain bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat, adanya bank sampah ini juga meningkatkan kualitas kesehatan dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Indah Ainurindahainurr@gmail.comI73217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Perilaku
Keywords: Bank Sampah; Pengelolaan Sampah; Kesejahteraan Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: indah ainur rohmah
Date Deposited: 07 Jan 2022 12:39
Last Modified: 07 Jan 2022 12:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51486

Actions (login required)

View Item View Item