Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Metode Tapps, (Thinking Aloud Pair Problem Solving) untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfiyanti, Laili (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Metode Tapps, (Thinking Aloud Pair Problem Solving) untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Arfiyanti_D74216061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika dengan metode TAPPS ini memberikan kebebasan peserta didik untuk menyelesaikan soal matematika sesuai dengan cara masing-masing kemampuan berpikir pada peserta didik. Pembelajaran diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2-4 peserta didik, setiap kelompok terdiri dari dua pihak satu pihak menjadi problem solving dan pihak lain sebagai listener. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp, yaitu: 1) Fase Pendahuluan (Preliminary Research); 2) Fase Pengembangan atau Pembuatan Prototype (Development or Prototyping Phase); dan 3) Fase Penilaian (Assassement Phase). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Paciran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan (field note) untuk data proses pengembangan pembelajaran serta teknik validasi dan kepraktisan untuk data kevalidan dan keprktisan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran menggunakan kurikulum 2017 edisi revisi 2013. Validitas perangkat pembelajaran dikatakan “valid” dengan RTV RPP sebesar 3,25; RTV LKPD adalah 3.2. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” oleh empat validator yang dapat dilakukan dengan sedikit revisi. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran tersebut dinyatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfiyanti, Laililailiarfiyanti070398@gmail.comD74216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorYani, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving); Plomp; Berpikir kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Arfiyanti Laili
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:15
Last Modified: 05 Jan 2022 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51456

Actions (login required)

View Item View Item