Makna amanah dalam pengelolaan keuangan rumah tangga menuju keberkahan financial: penelitian pada rumah tangga muslim di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Luluk (2021) Makna amanah dalam pengelolaan keuangan rumah tangga menuju keberkahan financial: penelitian pada rumah tangga muslim di Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Latifah_F03319017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Harta yang melimpah dalam suatu rumah tangga bila tidak ada pengelolaan yang baik dan dilandasi dengan nilai amanah maka akan menyebabkan ketidakberkahan. Ketidakberkahan dalam rumah tangga akan menyebabkan terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga dan akhirnya memicu terjadinya perceraian, maka penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui adanya nilai-nilai amanah pengelola keuangan rumah tangga dalam pengelolaan keuangan rumah tangganya demi untuk mencapai keberkahan secara financial. Penelitian ini bertujuan 1) Mengeksplorasi konsep nilai amanah dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. 2) Menganalisis pengaruh nilai amanah pengelolaan keuangan rumah tangga terhadap keberkahan financial. 3) Membentuk Model keberkahan fianncial. Metode yang digunakan adalah mixed methods sequential exploratory dengan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan analisis data menggunakan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Informan utama sebagai pelaku langsung yaitu ibu rumah tangga dan informan kunci adalah para ahli dari berbagai bidang diantaranya bidang ekonomi Syariah, agama Islam, Psikologi dan Sosiologi. Metode kuantitatif menggunakan PLS-SEM dengan analisis data aplikasi Smart PLS 0.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Makna amanah dalam pengelolaan keuangan rumah tangga adalah suatu mandat, kepercayaan, kejujuran, dapat dipercaya dan proporsional. Indikator amanah adalah: Tanggung jawab, Teragendakan, Efisiensi, Filantropis Islam, Proporsional, dapat dipercaya, Transparansi, dan Komunikatif. 2) Uji hipotesis didapatkan: a) Nilai Amanah mempengaruhi keberkahan financial, b) Nilai Amanah mempengaruhi Manajemen Keuangan rumah tangga c) Manajemen keuangan rumah tangga mempengaruhi Keberkahan Financial d) Manajemen keuangan rumah tangga mempengaruhi perencanaan, pengorganisasian, pembelanjaan dan pengawasan keuangan rumah tangga 3) Model keberkahan financial menggambarkan bahwa semakin tinggi nilai Amanah pengelola keuangan rumah tangga dalam mengelola keuangan rumah tangganya maka keberkahan secara finansialnya akan semakin terwujud. Penelitian ini menghasilkan teori baru tentang Amanah dan sebuah model dinamai Amanah Finance yang mengembangkan teori pengelolaan keuangan milik Fred van Raaij et all, 2020 dan teori Luqyan dan Murniati, 2013.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Lulukluluk.delula@gmail.comF03319017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmadamakzet@yahoo.com2007065501
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Manajemen
Keywords: Amanah; Mixed methods; Keberkahan financial.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Latifah Luluk
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:41
Last Modified: 04 Jan 2022 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51441

Actions (login required)

View Item View Item