Hak dan loyalitas pekerja Fresh Graduate di Crema Coffee Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Wahiddhatul Indah Ayu Permata (2020) Hak dan loyalitas pekerja Fresh Graduate di Crema Coffee Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahiddhatul Indah Ayu Permata Sari_I03216028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hak dan loyalitas yang dimiliki oleh pekerja Fresh Graduate karena banyak pekerjaan yang menawarkan kemodernan kepada calon pekerja sehingga menimbulkan suatu keingintahuan lebih terhadap pekerjaan tersebut salah satunya adalah usaha yang sampai saat ini sedang berkembang yakni Coffee Shop atau kedai kopi. Adapun peneliti ingin mengetahui hak yang diperoleh pekerja Fresh Graduate dan relasi sosial dalam membangun loyalitas antara pekerja Fresh Graduate dengan pengelola atas perolehan hak kerja yang diterima pekerja di Crema Coffee Surabaya.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan teknik analisis triangulasi data dari pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat suatu fenomena yang terjadi pada hak dan loyalitas pada pekerja Fresh Graduate di Crema Coffe Surabaya ini adalah teori Das Kapital Karl Marx.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Hak yang diperoleh oleh pekerja freshgraduate sebatas hubungan kerja yakni yang terdiri dari upah, waktu dan pelatihan kerja. Waktu kerja selama 6hari kerja/minggu atau 8 jam kerja perhari sedangkan upah yang diberikan berupa uang bukan tunjangan dengan 14 hari melakukan pelatihan kerja. Hal ini masih dikatakan jauh dari UU no.13 tahun 2003 yang mengatur tentang ketenagakerjaan sebab upah yang diberikan tidak tepat pada waktunya dengan libur satu hari dalam seminggu. Dalam SOP Crema Coffee Surabaya disebutkan bahwa Upah yang diberikan selama 30hari kerja namun pemberian upah lebih dari 30hari kerja. dapat ditarik kesimpulan bahwa Crema Coffee Surabaya masih belum bisa berkompeten dalam pemberian hak pekerja baik untuk freshgraduate maupun untuk pekerja yang sudah lama. 2). Relasi sosial yang terjadi antara Pekerja dan pengelola terjadi ketika berhadapan dengan dua fase yakni sebelum dibukanya cabang dan sesudah dibukanya cabang. sebelum dibukanya cabang crema sangat hangat dan sejuk dengan keakrabannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Wahiddhatul Indah Ayu Permataayupermato@gmail.comI03216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyaningsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Sosiologi
Serikat Pekerja
Hak Asasi Manusia
Keywords: Hak; Loyalitas; dan Fresh Graduate.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Wahiddhatul indah ayu permata sari Ayu
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:19
Last Modified: 28 Dec 2021 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51412

Actions (login required)

View Item View Item