PERNIKAHAN ANTAR ETNIS ARAB DAN JAWA DI KELURAHAN AMPEL KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahyati, Nunung (2014) PERNIKAHAN ANTAR ETNIS ARAB DAN JAWA DI KELURAHAN AMPEL KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Satu rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana relasi antar etnis dalam pernikahan antar etnis arab dan jawa di kelurahan ampel kecamatan semampir kota surabaya?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini pilih agar diperoleh data penelitian yang mendalam seta dapat menjawab dari rumusan masalah. Dari data-data yang telah diperoleh dilapangan data tersebut dideskripsikan dan dianalisis menggunakan teori pierre bourdieu mengenai habitus dan modal.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa (1) masyarakat keturunan Arab di Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya masih mempertahankan pernikahan endogami.(2) alasan mereka mempertahankan pernikahan endogami adalah sistem pernikahan yang sesama etnis, sistem kekerabatan yang menganut jalur ayah, sistem kepercayaan yang mengganggap bahwa derajat orang Arab lebih tinggi, mempertahankan identitas kelompok dengan menjaga nama baik dan kehormatan keluarga, menjaga harta agar tidak jatuh ketangan orang lain.(3) alasan wanita keturunan Arab menolak menikah dengan laki-laki jawa adalah wanita Arab menganggap laki-laki jawa tidak sekufu dengan mereka, ketidaksekufuan tersebut dapat merendahkan kehormatan keluarga. Selain itu masalah ekonomi yang menyebutkan bahwa laki-laki jawa tidak sekaya laki-laki arab. mereka juga menggapgap jika ketaatan laki-laki jawa lebih rendah dari laki-laki arab karena mereka terlahir dari tanah arab.(4) serta dampak yang akan diterima oleh kedua belah pihak. Pasangan beda etnis jika tetap melaksanakan pernikahan tersebut akan mendapatkan mengucilan dari keluarga arab bahkan pengusiran dari keluarga arab hingga penghapusan ahli waris dari keluarga Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husnul Muttaqin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahyati, NunungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Pernikahan; Antar Etnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 09:04
Last Modified: 09 Feb 2015 09:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item