Terapi musik islami melalui Shalawat Thibbil Quluub untuk mengurangi kecemasan pada seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Wannudya Endah Kusuma (2020) Terapi musik islami melalui Shalawat Thibbil Quluub untuk mengurangi kecemasan pada seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wannudya Endah Kusuma Dewi_B93216100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelaksanaan terapi musik melalui Shalawat Thibbil Quluub untuk mengurangi kecemasan dari seorang mahasiswa di fakultas syariah. Kemudian fokus penelitian yang kedua adalah bagaimana hasil setelah dilakukannya terapi tersebut apakah menghasilkan suatu perubahan yang signifikan atau tidak. Untuk menjawab permasalahan ini, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara dan observasi yang telah disajikan dalam bab penyajian data serta analisis data. Konseli memiliki masalah kecemasan akibat adanya beberapa faktor yang berasal dari lingkungan pertemanan yang mana konseli cemas dan takut akan tidak diterima dalam pertemanannya karena keadaan ekonominya yang standar. Hasil dari penerapan terapi dan konseling ini dinyatakan cukup berhasil dengan persentase sebesar 71% yang mana terdapat perubahan pada diri konseli, yang sebelumnya dahulunya cemas, sering marah-marah, berpikir negatif, takut dan minder telah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Wannudya Endah Kusumawannudyaendah252@gmail.comB93216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--196012111992032001
Subjects: Terapi
Keywords: Terapi Musik; Shalawat Thibbil Quluub; Kecemasan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wannudya Endah Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Dec 2021 12:19
Last Modified: 26 Dec 2021 12:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51378

Actions (login required)

View Item View Item