Pengorganiasasian Petambak dalam meningkatkan ketahanan pangan di Medokan Kampung RW 02 Kecamatan Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nadia Iqlina (2021) Pengorganiasasian Petambak dalam meningkatkan ketahanan pangan di Medokan Kampung RW 02 Kecamatan Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Iqlina Salsabila_B92217119.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat dalam mempertahankan ketahanan pangan yang disebabkan oleh rendahnya kemandirian masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan terutama ikan di Medokan Kampung RW 02. Problem yang terdapat di masyarakat adalah rendahnya kesadaran masyarakat dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan secara mandiri, belum efektifnya Podo Joyo Medokan (Pokdokan), dan juga belum adanya kebijakan pemerintah setempat untuk mendorong kemandirian pangan. Selain itu tujuan dari proses pengorganisasian ini adalah untuk menemukan strategi untuk meningkatkan ketahanan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengorganisasian ini adaalah PAR (Participatory Actuion Research). PAR merupakan metode penelitian yang mengajak seluruh partisipan untuk mengamati tingkah laku (social behavior) yang terjadi guna melakukan perubahan yang lebih baik. Langkah untuk melakukan perubahan antara peneliti dengan masyarakat dimulai dari membangun kepercayaan, melakukan pendekatan awal, melakukan riset bersama masyarakat untuk menemukan problem yang terjadi di masyarakat hingga menemukan strategi pemecahan masalah, melakukan aksi dan evaluasi bersama masyarakat. Pengorganisasian dilakukan di mulai dari memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya kemandirian pangan, dilanjutkan dengan pelatihan pengelolaan tambak, penguatan, selanjutnya penguatan lembaga Podo Joyo Medokan (Pokdokan), serta advokasi kebijakan pemerintah untuk mendorong kemandirian pangan. Perubahan yang telah dicapai dalam proses pengorganisasian petambak ini adalah meningkatnya kesadaran kemandirian pangan Masyarakat Medokan Kampung RW 02 sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan di Medokan Kampung RW 02 serta melimpahnya hasil tambak di Medokan Kampung RW 02.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nadia Iqlinanadiaiqlina3359@gmail.comB92217119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id197804192008012014
Subjects: Organisasi Masyarakat
Ikan > Perikanan Tambak
Teknologi pangan
Keywords: Pengorganisasian; Ketahanan Pangan; Tambak.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadia Iqlina Salsabila
Date Deposited: 16 Dec 2021 23:29
Last Modified: 16 Dec 2021 23:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51335

Actions (login required)

View Item View Item