Analisis Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam terhadap pelaku pencurian oleh anak dibawah umur: studi kasus di Unit PPA Satreskrim Polres Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Firnanda Maulidhatul (2021) Analisis Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam terhadap pelaku pencurian oleh anak dibawah umur: studi kasus di Unit PPA Satreskrim Polres Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firnanda Maulidhatul Arifah_ C03217011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data yang diperoleh dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analisis yakni menguraikan terlebih dahulu pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur di Unit PPA Polres Lamongan, kemudian dianalisis dari sudut padang hukum positif dan hukum pidana islam dalam menguraikan data wawancara tentang pelaku tindak pidana pencurian oleh anak dibawah umur. Hasil penelitian ini bahwa penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Lamongan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pelaku pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur adalah menggunakan kewenangan diskresi yang termuat pada pasal 18 ayat (1) UU No 2 Tahun 2002 dengan upaya diversi yang termuat pada pasal 6 UU No 11 Tahun 2012 dengan memberikan keputusan bahwa pelaku pertama dikembalikan kepada orang tua dan pelaku kedua dibina di pondok pesantren SPMAA Lamongan. Dalam hukum pidana islam perbuatan yang dilakukan oleh pelaku termasuk jarîmah sâriqah. Dalam hal ini, perbuatan yang dilakukan termasuk dalam kategori hukuman had, karena perbuatan tersebut dilakukan oleh anak dibawah umur maka penerapan hukuman tersebut deserahkan kepada qodhi atau penyidik.Adapun dengan kesimpulan diatas, diharapkan semakin banyak aparat penegak hukum khususnya pihak kepolisian yang menjadi gerbang utama dalam menyelasaikan tindak pidana dengan memberikan kewenangan diskresi dengan upaya diversi pada pelaku pencurian oleh anak dibawah umur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Firnanda Maulidhatulmaulidhatularifah@gmail.comC03217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, M. Hasanubaidillah.mhasan@yahoo.com197911052007011019
Subjects: Anak
Hukum Islam > Pencurian
Keywords: Pencurian; Anak dibawah umur; Anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Firnanda Maulidhatul Arifah
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:41
Last Modified: 16 Dec 2021 09:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51329

Actions (login required)

View Item View Item