Hegemoni drama Korea pada Ibu-ibu di masa Pandemi Covid-19: studi Kasus pada Grup Drakorindo di Facebook

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Krisdana, Tia Afifi (2021) Hegemoni drama Korea pada Ibu-ibu di masa Pandemi Covid-19: studi Kasus pada Grup Drakorindo di Facebook. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tia Afifi Krisdana_I73217076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berawal ketika peneliti bergabung pada sebuah grup pecinta drama Korea, yaitu grup Drakorindo dan ternyata dalam grup tersebut banyak dari ibu-ibu. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua masalah yang diteliti,1).Bagaimana drama Korea menghegemoni ibu-ibu, 2).Dampak sosiologis yang timbul akibat menonton drama Korea. Sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik etnografi virtual. Pada pengumpulan data, teknik yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori Hegemoni dari Gramsci.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Covid-19 memiliki pengaruh pada naiknya minat penonton drama Korea, karena masyarakat tinggal dirumah dan mereka memilih menonton drama atau film untuk mengisi waktu. Selain itu, hegemoni yang terjadi pada ibu-ibu terlihat dari kebiasaan mereka yang menirukan beberapa adegan dalam drama Korea, dari adegan-adegan tersebut mereka mulai menerapkannya dalam kegiatan sehari-harinya. Selain kebiasaan, kebudayaan juga mulai berubah karena ibu-ibu mengikuti budaya yang ada dalam Korea Selatan. 2). Dampak yang terjadi akibat menonton drama Korea yaitu waktu untuk tidur berkurang, pengeluaran juga ikut naik karena harus membeli kuota internet, selain itu mereka menjadi sering menghalu (menghayal) tentang pemainnya, pekerjaan rumah tangga menjadi terhambat karena sering ditinggal menonton drama Korea. Tanpa mereka sadari, mereka telah terhegmoni namun mereka tidak menyadari hal itu, karena mereka melakukannya dengan senang hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Krisdana, Tia Afifitiaafifikrisdana@gmail.comI73217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Budaya
Keywords: Hegemoni; Drama Korea; Ibu-ibu; Pandemi Covid-19; Drakor.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Tia Afifi Krisdana
Date Deposited: 16 Dec 2021 11:40
Last Modified: 16 Dec 2021 11:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51312

Actions (login required)

View Item View Item