Pesan Keikhlasan dalam lirik lagu Kunto Aji Album Mantra-Mantra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahra, Alifa Zahiyah (2021) Pesan Keikhlasan dalam lirik lagu Kunto Aji Album Mantra-Mantra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifa Zahiyah Zahra_B05217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna pesan keikhlasan yang ada dalam album Mantra-Mantra karya Kunto Aji yang dirilis pada tahun 2018 silam. Album mantra-mantra merupakan album kedua KuntoAji yang mengusung tema kesehatan mental dimana di dalamnya terdapat pesan keikhlasan yang disiratkan oleh sang penulis lagu. Dengan menggunakan metode analisis teks media semiotika Roland Barthes, peneliti berusaha menguraikan dan menafsirkan penanda dan petanda pesan keikhlasan yang terkandung dalam lagu Album Mantra-Mantra. Penelitian ini menggunakan teori kognitif sosial Bandura yang berbicara tentang bagaimana manusia melakukan pembelajaran melalui lingkungan sosialnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa makna pesan keikhlasan yang terkandung diantaranya (1) menerima takdir yang telah digariskan, (2) berdamai dengan masa lalu, (3) mencintai diri sendiri, dan (4) tetap melakukan yang terbaik sekalipun banyak hal yang tak sesuai dengan rencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahra, Alifa ZahiyahAlifazahiya@gmail.comB05217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Keikhlasan; Album Mantra-Mantra; Analisis Semiotika; Analisis teks media; Kunto Aji.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dhini Khoirun Nisa`
Date Deposited: 16 Dec 2021 12:38
Last Modified: 16 Dec 2021 12:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51304

Actions (login required)

View Item View Item