Konseling qur’ani untuk mengelola stress seorang ibu yang memiliki anak murtad

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardhianti, Azzah Nabiilah (2021) Konseling qur’ani untuk mengelola stress seorang ibu yang memiliki anak murtad. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azzah Nabiilah Ardhianti_B93217080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian kualitatif akan digunakan dalam penelitian ini, yang berarti pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitiannya berupa studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang telah divalidasi menggunakan triangulasi data, kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif komparatif untuk dilakukan pembandingan antara sebelum dan sesudah dilaksanakannya proses konseling Qur’ani.Hasil yang didapat dari pelaksanaan konseling Qur’ani adalah adanya pengurangan intensitas perlawanan konseli terhadap stressor, membaiknya nafsu makan sehingga berdampak pada membaiknya sakit diare, maag dan pusing konseli, mengurangi kesedihan serta memulihkan semangat konseli untuk beraktifitas dan bersosial dengan lingkungan sekitarnya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pelaksanaan konseling Qur’ani yang dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu mengucap astaghfirullah, menyampaikan perasaan konseli dan membaca ayat al Qur’an beserta maknanya yang berelevansi dengan permasalahannya. Implikasinya dalam kehidupan sehari – hari adalah penggunaan al Qur’an sebagai panduan hidup yang bisa digunakan sebagai rujukan maupun sebagai pemenuhan kebutuhan setiap saat oleh konseli atau kaum muslimin lainnya. penulis menyarankan agar penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi konseli, pembaca maupun penulis sendiri supaya bisa dengan mandiri menggunakan al Qur’an sebagai panduan penyelesaian masalah baik secara teori maupun pakteknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardhianti, Azzah Nabiilahazzahnabiilaha@gmail.comB93217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Iman Kepada Allah
Psikologi Islam
Keywords: Konseling Qur’ani; Mengelola Stress.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Azzah Nabiilah Ardhianti
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:09
Last Modified: 08 Dec 2021 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51274

Actions (login required)

View Item View Item