Analisis hukum islam terhadap pandangan Ketua Kua Kecamatan Gemarang tentang pernikahan wanita lanjut usia di Desa Nampu Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanif, Muhda Maulana (2021) Analisis hukum islam terhadap pandangan Ketua Kua Kecamatan Gemarang tentang pernikahan wanita lanjut usia di Desa Nampu Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhda Maulana Hanif_ C01214017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara yang kemudian dianalisis dengan teknik deskripstif dalam menjabarkan data tentang perniakah lanjut usia di desa Nampu Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Kemudian data tersebut dianalisis dari tinjauan hukum islam dengan teknik kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi pernikahan lanjut usia di Desa Nampu Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Saudara Rokim (24) yang menikahi perempuan yang bernama Tampi (67). Dari pernikahan tersebut mereka tidak bisa mempunyai keturunan atau seorang anak. Sedangkan tujuan pernikahan salah satunya adalah memiliki keturunan. Akan tetapi ketua KUA yang menangani pernikahan tersebut membolehkannya, karena pernikahan tersebut tidak melanggar peraturan atau persyaratan pernikahan yang berlaku di Indonesia.Dengan demikian yang berbeda dan tak sama secara umum akan terlihat aneh, unik dan janggal. Oleh karena itu, pernikahan semacam ini memang terasa aneh dan sangat jarang dilakukan. Sehingga stigma masyarakat pun beraneka ragam, tapi kebanyakan akan banyak yang mencibir dan berstigma negatif terahdap pasangan ini. Jadi, perlu meluruskan pandangan masyarakat tentang fenomena ini, agar tidak selalu menjadi prasangka buruk atau bahkan melahirkan kebencian. Bukan hanya tugas pemuka agama, pemuka adat saja tapi sesama tetangga juga mempunyai kewajiban untuk saling mengingatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanif, Muhda Maulanamuhdahanif96@gmail.comC01214017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Keywords: Pernikaha; Perniakhan lanjut usia.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhda Maulana Hanif
Date Deposited: 05 Dec 2021 08:14
Last Modified: 05 Dec 2021 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51227

Actions (login required)

View Item View Item