Konseling aոalisis traոsaksioոal uոtuk meոgatasi kecaոduaո media sosial pada seoraոg remaja di Kelurahaո Mautapaga, Eոde, Nusa Teոggara Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sartian, Putri (2021) Konseling aոalisis traոsaksioոal uոtuk meոgatasi kecaոduaո media sosial pada seoraոg remaja di Kelurahaո Mautapaga, Eոde, Nusa Teոggara Timur. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Putri Sartian_B03217033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Focus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses konseling analisis transaksional untuk mengatasi kecanduan media social pada seorang remaja di Kelurahan Mautapaga, Ende, Nusa Tenggara Timur?. (2) Bagaimana hasil konseling analisis transaksional untuk mengatasi kecanduan media social pada seorang remaja di Kelurahan Mautapaga, Ende, Nusa Tenggara Timur?.Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data melalui instrument wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif komparatif. Proses pemberian konseling analisis transaksional untuk mengatasi kecanduan media sosial pada remaja melalui beberapa tahap. Yaitu: (1) Memberikan informasi tentang akibat dari kecanduan media sosial. (2) Menganalisis dan menetapkan ego state kepribadian konseli. (3) Membuat kesepakatan kontrak antara konseli dan konselor tentang perilaku yang ingin diubah melalui transaksi-transaksi dewasa. (4) Menyusun jadwal dan proses kegiatan dilakukan sesuai kontrak untuk mencapai tujuan yang ingin di capai. Hasil dari konseling analisis transaksional untuk mengatasi kecanduan media sosial pada seorang remaja ini tergolong cukup berhasil. Hasil ini dapat dilihat dari perubahan yang nampak pada diri konseli dimana intesitas waktu penggunaan media sosial mulai berkurang dan konseli mulai mengerjakan tugas sekolah nya dan tidak menunda-nunda waktu untuk membersihkan rumah, serta melaksanakan sholat tepat waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sartian, Putrisartianputri@gmail.comB03217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwan.alwiyah@yahoo.co.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Manajemen Strategi
Keywords: Konseling Analisis Transaksional; Kecanduan Media Sosial; Remaja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Putri Sartian
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:34
Last Modified: 01 Dec 2021 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51213

Actions (login required)

View Item View Item