Konseling Islam dengan Play Therapy untuk mengatasi Bullying siswa di Dusun Plumpungrejo Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siregar, Nur Hayati Nauli (2021) Konseling Islam dengan Play Therapy untuk mengatasi Bullying siswa di Dusun Plumpungrejo Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hayati Nauli Siregar_B93217099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangakat masalah mengenai bagaimana proses konseling Islam dengan play therapy untuk menangani perilaku bullying siswa di Dusun Plumpungrejo, Kediri. Proses konseling Islam dengan play therapy dilakukan dengan melalui 3 tahapan yakni tahap awal membangun hubungan baik dan menggali data yang mendalam melalui observasi dan wawancara. Pada tahap kedua merupakan proses pelaksanaan play therapy untuk mengatasi bullying yang dilakukan dengan 3 tahapan yakni 1) konselor menjelaskan materi mengenai bullying, 2) konselor menjelaskan aturan permainan, 3) konselor sebagai fasilitator dan orang yang memandu proses terapi bermain. Dan pada tahap akhir konselor akan melakukan evaluasi dan follow up untuk melihat seberapa jauh terapi yang digunakan mencapai hasilnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif untuk mengolah data yang didapatkan di lapangan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, konseling Islam dengan play therapy untuk menangani perilaku bullying 2 orang siswa memiliki pengaruh yang positif. Dimana hal tersebut terlihat dari perubahan perilaku konseli, seperti konseli sudah tidak lagi mengucilkan, mengejek, mengolok-ngolok, mencubit, serta memukul korban. Selain itu konseli juga sudah mulai memahami mengenai apa itu bullying dan mulai menyadari bahwa apa yang selama ini dilakukan termasuk kedalam tindakan bullying.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siregar, Nur Hayati Naulinaulisiregar.967@gmail.comB93217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Bimbingan
Keywords: Konseling Islam; Play Therapy; Bullying.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Hayati Nauli Siregar
Date Deposited: 29 Nov 2021 11:19
Last Modified: 29 Nov 2021 11:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51201

Actions (login required)

View Item View Item