Modelling simbolik dengan animasi islami untuk mengurangi perilaku boros seorang anak di Desa Campurejo Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyilhakim, Tarasevtia Rahmanda (2021) Modelling simbolik dengan animasi islami untuk mengurangi perilaku boros seorang anak di Desa Campurejo Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tarasevtia Rahmanda Arsyilhakim_B93217108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yaitu bagaimana proses dan hasil pelaksanaan Modelling simbolik dengan animasi Islami untuk mengurangi perilaku boros seorang anak di desa Campurejo Panceng Gresik.Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah proses konseling.Proses pelaksanaan konseling dilakukan dengan menerapkan tahapan yang dimulai dari identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dilakukan dengan menggunakan teknik Modelling, dan yang terakhir follow up. Teknik Modelling yang digunakan jenis simbolik, melalui media Animasi Islami yang diperankan seorang anak perempuan yang rajin menabung di aplikasi Youtube, sebagai model yang akan ditiru oleh konseli.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan pada perilaku konseli yang sudah jarang menghabiskan uang saku untuk membeli jajan, berhenti membeli mainan, dan konseli sudah mulai rajin menabung dengan menyisakan uang saku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyilhakim, Tarasevtia Rahmandatarasevtia@gmail.comB93217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Metode
Keywords: Modelling simbolik; Animasi islami; Perilaku boros.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tarasevtia Rahmanda Arsyilhakim
Date Deposited: 24 Nov 2021 23:58
Last Modified: 24 Nov 2021 23:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51180

Actions (login required)

View Item View Item