Makna simbolik ritual ziarah Kubur bagi peziarah Gunung Pucangan Di Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Triningsih, Tria Fitri Agus (2021) Makna simbolik ritual ziarah Kubur bagi peziarah Gunung Pucangan Di Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tria Fitri Agus Triningsih _I73217077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai makna simbolik ritual ziarah kubur Gunung Pucangan di Desa Cupak sebagai ritual sakral dalam kehidupan peziarah. Ritual ziarah kubur merupakan ritual yang sering dilakukan oleh peziarah sebagai bentuk komunikasi kepada hal-hal yang bersifat subyektif dengan menggunakan simbol- simbol sebagai media memanjatkan doa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan ritual ziarah kubur Gunung Pucangan, untuk mengetahui dan memahami makna yang terkandung dalam prosesi ritual ziarah kubur gunung pucangan pada peziarah serta untuk mengetahui bagaimana motivasi peziarah dalam melakukan ritual ziarah kubur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi interaksi simbolik teori yang digunakan adalah teori interpretative simbolik Clifford Geertz, teori ini menjadi alat analisis untuk mengetahui bagaimana peziarah memaknai simbol-simbol dalam ritual ziarah kubur yang kemudian digunakannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan menunjukkan sisi keyakinan mereka yang terbungkus dalam sebuah ritual. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ritual ziarah kubur menjadi salah satu cara adaptasi peziarah kepada non-manusia yang mereka percayai selama ini telah memberikan kelancaran serta berkah pada kegiatan sehari-hari mereka. Bentuk penghormatan terkait cerita sejarah peninggalan kerajaan Airlangga yang dituangkan kedalam ritual ziarah kubur serta ritual yang memiliki makna dalam setiap proses nya yang membuat peziarah yakin terhadap hasil ritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Triningsih, Tria Fitri Agustriafitri45@gmail.comI73217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Budaya
Keywords: Makna simbolik; Ritula; Ziarah kubur.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Tria Agus Triningsih
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:38
Last Modified: 23 Nov 2021 01:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51145

Actions (login required)

View Item View Item