Analisis etika bisnis islam terhadap praktik sewa menyewa lahan pertanian secara tahunan di Desa Banjarejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Devi Anggraini Cahya (2021) Analisis etika bisnis islam terhadap praktik sewa menyewa lahan pertanian secara tahunan di Desa Banjarejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Anggraini Cahya Ningrum_G94216097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung ke objek penelitian, wawancara dengan beberapa informan, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang lebih lengkap. Kemudian dilakukan teknik pengolahan data melalui tahap organizing, editing dan analyzing. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa praktik sewa menyewa lahan pertanian secara tahunan di Desa Banjarejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan dilaksanakan berdasarkan perhitungan tahun, akadnya secara lisan, tidak ditulis dalam surat perjanjian. Praktik sewa menyewa dilaksanakan karena disebabkan beberapa faktor yaitu dikarenakan faktor ekonomi, pemilik tidak memiliki kemampuan untuk bertani, penyewa tidak memiliki kemampuan bertani, penyewa tidak memiliki lahan pertanian, pemilik lanjut usia, dan pemilik mengalami sakit keras. Jika dianalisis menurut etika bisnis Islam, pemilik lahan pertanian ada yang menerapkan sikap tolong menolong (ta’awun), jadi tidak hanya mencari keuntungan saja. Karena dalam etika bisnis Islam harus berorientasi pada sikap tolong menolong antar sesama. Namun terjadi permasalahan mengenai pembayaran dan luas lahan, yaitu ketidakjujuran penyewa jika pembayaran dilakukan secara menyicil dan ketidakjujuran pemilik akan luas lahan yang sebenarnya. Karena adanya permasalahan tersebut, etika bisnis Islam belum sepenuhnya diterapkan oleh pihak pemilik dan penyewa lahan pertanian di Desa Banjarejo. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pemilik dan penyewa lahan pertanian dapat meningkatkan sikap kejujuran dan keterbukaan pada saat bertransaksi, sehingga kedepannya tidak ada lagi hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian dan ketidakadilan bagi pihak lain. Selain itu, masyarakat juga diharapkan memiliki kesadaran untuk memahami dan mengerti mengenai etika dalam berbisnis yang sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Devi Anggraini Cahyadevianggrainicahya@gmail.comG94216097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Pertanian
Sewa
Keywords: Etika Bisnis Islam; Sewa Menyewa (Ijarāh); Lahan Pertanian.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Devi Anggraini Cahya Ningrum
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:18
Last Modified: 22 Nov 2021 14:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51138

Actions (login required)

View Item View Item