Analisis maqashid syari'ah terhadap wanita yang bekerja di Desa Tambaksumur Kec. Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2021) Analisis maqashid syari'ah terhadap wanita yang bekerja di Desa Tambaksumur Kec. Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa_G74215149.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wanita sebagai suatu hal yang menjadi sunnatullah, sesudah menempuh masa kanak-kanak dan masa remaja, maka tingkatan hidup yang sangat peting selanjutnya ialah menikah atau menjadi isteri. Hal tersebut akan terjadi setelah wanita itu dinikahi oleh seorang laki-laki sebagai suami. Namun dalam perkembangannya, persamaan tuntutan dari kalangan gender menunjukkan bahwa wanita merasa memiliki persamaan hak dengan laki-laki, sehingga banyak wanita meniti karir sesuai dengan profesinya.Pokok masalah dalam penelitian ini adalah “Faktor apa yang membuat wanita turut andil dalan mencari nafkah dan bagaimana pandangan menurut syariat islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wanita bekerja yang ditinjau dari maqashid syariah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan penelitian kualitatif, kemudian menggunakan teknik observasi, wawancara dan tabulasi. Kemudian ditarik kesimpulan menggunakan metode berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian peran wanita bekerja dalam keluarga/ ibu rumah tangga telah menjalanan perannya berbagai macam profesi dan ibu rumah tangga ini sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diterapkan oleh islam. Dari penghasilan yang mereka dapat untuk membantu penghasilan kepala rumah tangga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hal ini peran wanita bekerja memiliki peran yang penting dalam menunjang perekonomian keluarganya karena telah membawa implikasif bagi kondisi ekonomi keluarga sehingga menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunknisak1807@gmail.comG74215149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Wanita dalam Islam
Keywords: Wanita bekerja; Ekonomi Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoirun Nisya
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:55
Last Modified: 08 Dec 2021 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51136

Actions (login required)

View Item View Item