Peran K.H. A. Wahab Hasbullah dalam perkembangan Pers Nahdatul Ulama’ di Surabaya Tahun 1927-1971

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kotimah, Khusnul (2021) Peran K.H. A. Wahab Hasbullah dalam perkembangan Pers Nahdatul Ulama’ di Surabaya Tahun 1927-1971. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Kotimah_A92217115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan sosiologi untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi pada masa lalu beserta kondisi sosial masyarakat. Penelitian ini juga mnenggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori peran dari Soerjonno Soekanto. Hasil penelitian ini menyimpulkan : 1. Berdirinya Pers Nahdatul Ulama’ terjadi karena adanya keinginan KH. A. Wahab Hasbullah untuk mendirikan pers NU. Hal ini disebabkan karena telah berdirinya ormas-oramas Islam yang sudah memiliki pers, sedangkan NU belum meiliki. Kemudian pada waktu terjadinya Muktamar NU ke-2 KH. A. Wahab Hasbullah atas ijin KH. Hasyim Asy’asri mendirikan pers NU yang diberi nama majalah Swara Nahdlatoel Oelama yang berbahasa pegon 2. KH. A. Wahab Hasbullah merupakan tokoh muslim yang berpandangan modern. Lahir pada tahun 1305 H dari keluarga santri dan memiliki banyak karya bak seacara tertulis maupun tindakan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui karya-karya tertulisnya 3. Dalam mengembangkan pers Nahdatul Ulama’ di Surabaya 1927-1971 KH. A. Wahab Hasbullah menerepkan sistem kebebasan sesuai dengan kode etik yang ada di Indonesia dan sesuai ajaran agama Islam, mengkader beberapa tokoh, aktif dalam kepenulisan, dan menggunakan uangnya sendiri dari hasil berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kotimah, Khusnul34.khusnul@gmail.comA92217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2005196
Subjects: Biografi
Penyiaran Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: K. H. A. Wahab Sabullah; Nahdatul Ulama'; Pers NU.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khusnul Kotimah
Date Deposited: 21 Nov 2021 13:13
Last Modified: 21 Nov 2021 13:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51126

Actions (login required)

View Item View Item