Kritik sosial menangkis ISIS dalam acara Mata Najwa episode “Ketika 18 WNI eks ISIS Bisa Pulang Pada 2017”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baikhaqi, Muhamad Aqsol (2021) Kritik sosial menangkis ISIS dalam acara Mata Najwa episode “Ketika 18 WNI eks ISIS Bisa Pulang Pada 2017”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Aqsol Baikhaqi_B75217126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kasus terorisme dan bom bunuh diri masih banyak terjadi di Indonesia. Faham-faham radikalisme masih banyak disebar luaskan walau jejaknya sulit di deteksi. Tentunya apabila ini terus terjadi akan membahayakan keselamatan bangsa. Isu-isu sosial seperti ini kemudian dimasukkan ke dalam progam acara televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kritik sosial yang ditampilkan dalam talkshow Mata Najwa Menangkis ISIS episode “Ketika 18 WNI eks ISIS bisa pulang pada 2017”. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana kritik sosial di representasikan dalam acara mata najwa Menangkis ISIS episode “Ketika 18 WNI eks ISIS bisa pulang pada 2017”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika kemudian data tersebut dianalisis dengan dasar pemikiran Roland Barthes sehingga memperoleh makna yang mendalam tentang progam acara televisi Mata Najwa.Hasil penelitian ini meliputi kritik sosial menangkis ISIS dengan beberapa bentuk-bentuk menangkis ISIS yaitu edukasi dan peran pemerintah. Dua poin itu yang menjadi garis besar hasil penelitian merupakan pengenalan isu-isu sosial terkait dinamika aksi radikalisme dan terorisme dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Beberapa saran dan rekomendasi untuk masyarakat dan khalayak bisa menjadi hal penting untuk pengetahuan tentang memahami bahaya faham radikalisme dan terorisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baikhaqi, Muhamad Aqsolmuhamadaqsol@gmail.comB75217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullahkom@uinsby.ac.id2017126501
Subjects: Dakwah > Semiotika
Ilmu Komunikasi
Konflik sosial
Keywords: Mata Najwa; Menangkis ISIS; Kritik Sosial.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Muhamad Aqsol Baikhaqi
Date Deposited: 21 Nov 2021 09:38
Last Modified: 21 Nov 2021 09:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51116

Actions (login required)

View Item View Item