Problematika sertifikasi tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriliasari, Eki (2021) Problematika sertifikasi tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eki Apriliasari_C07216008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dimaksudkan agar penulis dapat mengetahui dan menggambarkan serta menganalisis permasalahan yang diperoleh di lapangan yaitu dari pihak nadzir dan Kantor Urusan Agama (KUA) bahwa masih banyak tanah wakaf yang belum bersertifikat secara lugas dan terperinci serta berusaha untuk mengungkapkan data dan menguraikan tentang permasalahan dalam proses persertifikasian tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya.Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Status sertifikat tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari, berdasarkan data yang diperoleh di Kantor Urusan Agama (KUA) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa kebanyakan tanah wakaf diperuntukan untuk masjid statusnya belum bersertifikat; sedangkan Proses persertifikasian tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari sudah sesuai dengan undang-undang. Dan kendala dalam proses persertifikasian tanah wakaf di Kelurahan Jemur Wonosari disebabkan karena para nazhir belum melengkapi persyaratan untuk melakukan sertifikasi tanah wakaf, karena surat-surat pada saat awal proses perwakafan tidak lengkap demikian juga. Wakif sudah meninggal dan ahli waris tidak diketahui keberadaannya serta terkendala dalam masalah biaya dan prosesnya yang membutuhkan waktu yang lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriliasari, Ekiekiaprilia345@gmail.comC07216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Tanah
Wakaf
Keywords: Wakaf; Tanah wakaf; Sertifikat tanah wakaf.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Eki Apriliasari
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:30
Last Modified: 17 Nov 2021 13:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51096

Actions (login required)

View Item View Item