Faktor yang mempengaruhi kegigihan orang tua dalam mendampingi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh di program pendampingan pembelajaran anak usia dini by Teacher Nena di Bimbingan Belajar Online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanidia, Safitri (2021) Faktor yang mempengaruhi kegigihan orang tua dalam mendampingi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh di program pendampingan pembelajaran anak usia dini by Teacher Nena di Bimbingan Belajar Online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanidia Safitri_D09217010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan kondisi yang tidak stabil akibat pandemi Covid-19 pendidikan di Indonesia diubah yang semula tatap muka menjadi sistem daring atau online. Sistem pendidikan online dirasa kurang stabil dalam penyampaian seorang pengajar kepada siswa, oleh sebab itu perlunya pendampingan khusus yang dilakukan orang tua terhadap anak agar anak dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui seberapa banyakorang tua gigih dalam mendampingi anaknya disaat pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi Covid-19 dan Faktor apa saja yang mempengaruhi kegigihan orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh pada anak.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ada 4 partisipan dalam wawancara yang telah dilakukan diantaranya kepada orang tua dan guru. Sedangkan observasi dilakukan untuk menggali data tentang kegigihan orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh. Setelah semua data terkumpul proses selanjutnya adalah analisis data dengan tahapan displaydata, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegigihan orangtua dalam proses belajar pada anak selama pembelajaran jarak jauh adalah Terdapat beberapa prosedur yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak pada saat pendampingan. Bermula pada saat guru hendak memberikan pembelajaran kepada siswa maka peran orang tua untuk memberikan fasilitas media online sangat diperlukan, kemudian orang tua akan mendampingi siswa yang sedang mengikuti pembelajaran online hingga selesai. Dikhawatikan terjadi pertanyaan guru yang tidak didengar oleh siswa maka orang tua akan mengarahkan anaknya untuk menjawab. Ketika seorang guru memberikan PR terhadap siswa maka orang tua akan mengawasi dan memberikan arahan kepada anak untuk peningkatan pembelajaran yang lebih baik.Terdapat faktor yang mempengaruhi kegigihan orang tua antara lain Usia, Pendidikan, Budaya, dan Gander, Semua itu sangatlah berpengaruh pada tingkat kegigihan para orang tua saat melakukan pembelajaran jarak jauh. Kegigihan pada orang tua kini terbukti berpengaruh pada kesuksesan tahapan belajar pada anak, karena membuat anak yang mulanya malas untuk belajar menjadi giat untuk belajar berkat dari orang tua yang gigih dalam menemani proses belajar anak hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Faktor lainnya tidak semua orang tua mempunyai pendidikan yang tinggi sehingga memungkinkan tingkat kegigihan pada orang tua sangatlah minim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanidia, Safitrisfanidia@gmail.comD09217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorHernik, Farisiahernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Anak
Kebudayaan
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Kegigihan Orang tua; Mendampingi Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fanidia Safitri
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:05
Last Modified: 17 Nov 2021 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51060

Actions (login required)

View Item View Item