Dampak pandemi COVID 19 tahun 2020 terhadap produk pembiayaan murabahah di BPRS Lantabur Tebuireng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Hasbi Abdul (2021) Dampak pandemi COVID 19 tahun 2020 terhadap produk pembiayaan murabahah di BPRS Lantabur Tebuireng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasbi Abdul Aziz_G94217163.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena fokus penelitian ini adalah mendiskripsikan segala sesuatu yang berhubungan dengan dampak dari suatu fenomena yaitu pandemi COVID 19 terhadap produk pembiyaan murabahah di BPRS Lantabur Tebuireng Gresik. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan judul dan konteks pada penelitian ini yang didukung dengan data-data empirik yang bersumber dari data primer yaitu hasil observasi dan wawancara kemudian data sekunder yaitu proses dokumentasi dari buku, jurnal, situs, publikasi pemerintah dan laporan. Hasil penelitian ini memberikan beberapa fakta bahwa selama pandemi COVID 19 seluruh kegiatan operasional pada BPRS Lantabur Tebuireng Gresik selama satu minggu setelah diumumkannya pandemi COVID 19 pada awal Maret 2020 oleh pemerintahan pusat yang secara tidak langsung karyawan dirumahkan dan kegiatan transaksi murabahah tidak jalan selama satu minggu. Kemudian adanya peningkatan permintaan pembiayaan murabahah dengan indikasi yaitu piutang pendapatan pembiayaan murabahah tahunan meningkat sebesar 5,97 persen dari tahun sebelumnya akan tetapi di saat yang bersamaan juga terjadi peningkatan pembiayaan murabahah yang bermasalah dengan indikasi rata-rata nilai rasio NPF tahunan naik menjadi 10,47 persen yang tahun sebelumnya hanya 4,09 persen. Dan yang terakhir adalah solusi bagaimana BPRS Lantabur Tebuireng Gresik dalam menyelesaikan masalah pada pembiayaan murabahah yaitu dengan melakukan restrukturisasi pembiayaan dan melelang barang jaminan dari nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Hasbi Abdulhasbiaziz99@gmail.comG94217163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Layanan
Murabahah
Keywords: Dampak Pandemi COVID 1;Produk Pembiayaan Murabahah; Restrukturisasi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasbi Abdul Aziz
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:30
Last Modified: 15 Nov 2021 01:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51043

Actions (login required)

View Item View Item