Analisis Hukum Islam dan uu no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap layanan jasa ojek online Gojek di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Alfaini (2021) Analisis Hukum Islam dan uu no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap layanan jasa ojek online Gojek di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfaini Masruroh_C02216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskripif kualitatif, yaitu dengan memulai pembahasan dari data-data yang dikumpulkan dari lapangan mengenai paktik layanan jasa ojek online Gojek di Surabaya, kemudian dianalisis berdasarkan akad Ijarah dan undang-undang no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik layanan jasa ojek online pada Gojek di Surabaya yaitu adanya ketidaksesuaian driver dengan identitas yang tertera di aplikasi, selain dari perbedaan identitas diri terkadang juga terjadi perbedaan dalam merk kendaraan yang dikendarainya. Berdasarkan akad Ijarah yakni sewa jasa yang terjadi antara driver dengan konsumen praktik layanan jasa di Gojek tersebut sah, karena telah memenuhi rukun dan syarat dari akad Ijarah meskipun terjadi perbedaan merk terhadap objek akad. Dari sisi UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) ada kewajiban yang telah dilanggar pihak pelaku usaha yang dalam hal ini PT. Gojek Indonesia yakni cacat informasi, hal ini disebabkan adanya ketidak jujuran pihak pelaku usaha terkait identitas dirinya.Dengan demikian dari keismpulan diatas maka terdapat beberapa masukan dari peneliti, meliputi : dalam praktik pemesanan layanan jasa Gojek di Surabaya hendaknya diperbaiki lagi dengan menyesuaikan antara identitas dalam aplikasi dan aslinya, selain itu bagi konsumen sebagai pengguna layanan jasa Gojek untuk lebih berhati-hati lagi dalam pemesanan dan penggunaan jasa Gojek , sehingga tidak muncul hal-hal yang berdampak negatif bagi konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Alfainialfaini.manshur@gmail.comC02216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamto--196003121999031001
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Perlindungan Konsumen
Keywords: Ojek Online; Perlindungan konsumen; Gojek.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfaini Masruroh
Date Deposited: 15 Nov 2021 11:41
Last Modified: 15 Nov 2021 11:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51023

Actions (login required)

View Item View Item