Tradisi unan-unan sebagai perekat antar umat beragama di Suku Tengger 2012-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramayani, Evi Kartika (2021) Tradisi unan-unan sebagai perekat antar umat beragama di Suku Tengger 2012-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Kartika Ramayani_A92217107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Historis. Penelitian ini juga menggunakan teori Fungsionalisme yang dibuat oleh seorang tokoh bernama Brownislaw tahun 1844-1942 dan jika dihubungkan antara teori dengan penelitian didapatkan hasil bahwa tradisi Unan-unan memiliki fungsi salah satunya sebagai media toleransi lintas agama di suku Tengger. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian sejarah dengan beberapa tahapan seperti: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan juga historiografi.Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa sejarah dari masyarakat Tengger tidak pernah lepas dari kisah Roro Anteng dan juga Joko Seger yang dipercaya merupakan leluhur dari masyarakat Tengger. Pelaksanaan tradisi Unan-unan dimulai dari balai desa menuju tempat utama pelaksanaan tradisi Unan-unan yaitu di Punden dengan membawa ancak berisi sesaji yang di bawa secara beramai ramai oleh semua masyarakat Tengger. Tradisi Unan-unan merupakan tradisi milik orang Tengger baik dari masyarakat yang beragama Hindu, Islam, dan juga Kristen, semua masyarakat Tengger ikut melaksanakan serta sama sama menjaga agar tradisi ini tetap ada. Secara tidak langsung tradisi Unan-unan bisa menjadi media toleransi antar lintas agama di suku Tengger.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramayani, Evi Kartikaefikartika61@gmail.comA92217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Kerukunan Beragama
Tradisi Islam
Keywords: Sejarah Tengger; Tradisi Unan-unan; Toleransi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ramayani Evi Kartika
Date Deposited: 11 Nov 2021 23:51
Last Modified: 11 Nov 2021 23:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51013

Actions (login required)

View Item View Item