Pengaruh energi zikir terhadap alam bawah sadar dan mimpi : studi kasus santri putri Matholi'ul Anwar Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sri, Arifiyah (2021) Pengaruh energi zikir terhadap alam bawah sadar dan mimpi : studi kasus santri putri Matholi'ul Anwar Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Arifiyah_E97217079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh energi zikir terhadap alam bawah sadar dan mimpi untuk santri putri matholi'ul anwar sumenep. Sejarah peradaban manusia menunjukkan bahwa manusia memiliki naluri untuk mencari dan mengenal Dzat Ketuhanan. Yang mana dalam rohani manusia ada qalbu yang harus diterangi bimbingan-Nya agar hidup terarahkan. Zikir bisa menjadi bimbingan yang mengarahkan manusia agar tidak tersesat menuju Tuhan. Karena eksistensi Tuhan tidak bisa dijelaskan oleh bahasa bahkan terwadahi oleh pikiran manusia sekalipun. dan pendekatan diri seorang hamba kepada Tuhannya adalah sebuah proses menuju kualitas diri. Selama ini terkhusus santri yang dijadikan sebagai subjek penelitian tentang mimpi dan alam bawah sadar yang telah dialami oleh para santri, dan membuktikan apakah benar zikir mempengaruhi kualitas mimpi dan alam bawah sadar para santri, karena zikir tergolong sebagai energi positif maka tentunya akan menghasilkan hal yang positif juga, termasuk mimpi yang baik. Rumusan masalah yang diangkat: 1. Bagaimana yang dimaksud dengan energi zikir? 2. Bagaimana relasi alam bawah sadar dengan mimpi? 3. Bagaimana pengaruh energi zikir terhadap mimpi santri Matholi’ul Anwar Sumenep? Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana energi zikir dapat menjadi pengaruh mimpi dan kualitas alam bawah sadar bagi santri Matholi’ul Anwar. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari keseluruhan penelitian ini meliputi dua sumber yakni primer dan sekunder. Sumber primer adalah seluruhnya berasal dari santri Matholi’ul Anwar putri sejumlah dua puluh orang. Kemudian sumber sekundernya adalah pengasuh, pengurus pondok pesantren Matholi’ul Anwar Sumenep dan data yang didapat dari hasil penelitian sebelumnya yang berupa arsip penelitian terdahulu dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Lamanya penelitian selama sepuluh hari untuk dua puluh santri. Dari data inilah kemudian dianalisis lalu dijadikan dalam bentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini ternyata energi zikir dapat berpengaruh terhadap kualitas mimpi dan alam bawah sadar santri putri Matholi’ul Anwar. Dengan catatan kualitas tersebut juga tergantung pada kualitas zikir santri masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sri, Arifiyahjaxfarsaja7@gmail.comE97217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Doa dan Zikir
Pendidikan > Pesantren
Santri
Keywords: Energi Zikir; Alam Bawah Sadar; Mimpi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Arifiyah Halibuddin
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:39
Last Modified: 22 Nov 2021 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51010

Actions (login required)

View Item View Item