Membangun keunggulan komunitas peternak sapi perah di Dusun Galengdowo Desa Galengdowo Wonosalam Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Shinta Dewi (2021) Membangun keunggulan komunitas peternak sapi perah di Dusun Galengdowo Desa Galengdowo Wonosalam Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Dewi Maghfiroh_B92217081.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan perekonomian para paternak sapi melalui pengembangan keunggulan aset yang dimiliki. Dengan memanfaatkan keunggulan aset yang peternak sapi yang peternak miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perekonomian warga khususnya para peternak sapi perah dengan membuat produk olahan yang dihasilkan dari sapi perah yakni pupuk organik, susu berperasa, dan krupuk susu. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development) dengan subjek penelitiannya yaitu masyarakat Dusun Galengdowo yang berprofesi sebagai peternak sapi perah sebagai warga yang yang belajar membuat produk olahan dari ternak sapi perah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pembagian angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Leaky Bucket (sirkulasi keuangan). Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Strategi pendampingan masyarakat yang berprofesi sebagai peternak melalui inovasi produk unggulan ternak sapi perah. (2) Pendampingan pembuatan pengelolahan keunggulan aset ternak sapi perah berupa pupuk organik, susu berperasa, dan krupuk susu hingga proses pemasaran. Melalui program tersebut hasil dampingan ini hasil dampingan ini membawa sebuah perubahan terhadap para peternak untuk dapat membantu menambah pendapatan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Shinta Dewisdemshinta12@gmail.comB92217081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com196611061998031002
Subjects: Ekonomi
Peternakan
Peternakan > Ternak Sapi
Keywords: Pendampingan; Peternak sapi perah; Peningkatan perekonomian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shinta Dewi Maghfiroh
Date Deposited: 21 Nov 2021 13:44
Last Modified: 21 Nov 2021 13:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50994

Actions (login required)

View Item View Item