Konsep Amar Ma'ruf Nahi Munkar menurut NU dan FPI: analisis Hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur Afiyah (2021) Konsep Amar Ma'ruf Nahi Munkar menurut NU dan FPI: analisis Hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afiyah Isnaini_E91217101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang mempergunakan literature baik dari buku, artikel, maupun hasil penelitian sebagai data utama. Pendekatan studi dalam penelitian menggunakan hermenutika Hans-Georg Gadamer dalam membaca pemahaman teks amar ma’ruf nahi munkar dari kedua organisasi ke-Islaman NU dan FPI. Amar ma’ruf nahi munkar senantiasa harus ditegakkan karna itu adalah ajaran awal dari agama Islam. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa amar ma’ruf nahi munkar menurut NU yaitu suatu perintah atau ajakan untuk melakukan hal-hal baik dan mencegah hal buruk khususnya bagi masyarakat dengan didasari pokok penting seperti tauhid, toleransi, serta anti fanatisme. Setiap organisasi ke-Islaman dalam mengartikan sebuah pemahaman pasti berbeda-beda. Seperti halnya dalam FPI yang mengartikan amar ma’ruf nahi munkar sebagai suatu hal yang dapat menjauhkan negara ini dari kezaliman dan kemungkaran. Akan tetapi, terlepas dari aksi-aksi kekerasan yang mereka lakukan untuk menegakkan suatu konsep ke-Islaman tetap saja tujuan dan niat mereka amat mulia. Untuk menegakkan konsep tersebut, terkadang mereka melakukan aksi premanisme bagi masyarakat yang susah diajak menuju suatu kebaikan dengan alasan bahwa aksi premanisme tersebut adalah cara yang mendesak. Dengan perbedaan dari kedua sisi dalam mengartikan konsep amar ma’ruf nahi munkar tersebut, maka dengan hermenutika Gadamer dapat memberikan pemahaman bahwa dalam memahami sebuah teks tidak dapat didasari dengan prasangka dan praanggapan semata melainkan dari sebuah historis. Dengan demikian, pemahaman sebuah teks merupakan hasil dialog dari makna yang kita miliki saat ini dan makna yang terdapat dalam teks secara historis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nur Afiyahafiyahisnaini14@gmail.comE91217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJafar, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar; Organisasi ke-Islaman; Hermeneutika Hans-Georg Gadamer.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Afiyah Isnaini
Date Deposited: 21 Nov 2021 13:34
Last Modified: 21 Nov 2021 13:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50960

Actions (login required)

View Item View Item