Implementasi program GEMA KOTA PRAJA (Gerakan Mengajar Kombinasi Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh) di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andini, Eka Putri (2021) Implementasi program GEMA KOTA PRAJA (Gerakan Mengajar Kombinasi Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh) di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Putri Andini_D93217047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam sektor pendidikan. Yang mana tahun 2020 seluruh Dunia termasuk Indonesia merasakan dampak dari Wabah Pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan pendidikan dilaksanakan dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (E-Learning). Melihat permasalahan dalam proses pembelajaran yang kurang efektif jika dilakukan secara jarak jauh atau daring, maka SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo menerapkan Program GEMA KOTA PRAJA (Gerakan Mengajar Kombinasi Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh) sebagai upaya dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi siswa SMK terutama dalam pelaksanaan Praktik Kejuruan. Program ini merupakan bentuk dari sistem Blended Learning. Dengan adanya pelaksanaan Program GEMA KOTA PRAJA, nantinya dapat berdampak pada pengelolaan pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengambilan data melalui metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dengan Informan Penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, Ketua Kompetensi Keahlian, Guru, Peserta Didik dan Wali Murid. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang peneliti gunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Karena adanya Pandemi Coronavirus disease (COVID-19) ditahun 2020 memberikan dampak pada sektor pendidikan salah satunya dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran Jarak Jauh dirasa kurang efektif dilakukan jika dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo menerapkan program GEMA KOTA PRAJA. 2) Dalam Penerapannya, Program GEMA KOTA PRAJA dilakukan dengan memakai sistem ganjil genap 50%, 50% yakni 50% di Kelas dan 50% dibengkel keahlian dengan menggunakan Aplikasi SMKMITA SIDIKMU sebagai pelengkap dalam pelaksanaan program ini, penerapan program ini melibatkan seluruh warga sekolah, sehingga koordinasi dan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan program. 3) Penerapan Program GEMA KOTA PRAJA berdampak pada pengelolaan pembelajaran sehingga guru dapat mengelola pembelajaran kombinasi secara efektif dan efisien karena waktu dalam pelaksanaan pembelajaran dibatasi, strategi pembelajaran lebih tertata, guru lebih memahami IT. Dampak pada Pesera didik yakni lebih semangat karena guru melakukan pendampingan khusus dalam melakukan pembelajaran, Adanya program ini guru lebih fokus pada peserta didik karena waktu pelaksanaan yang batasi, strategi yang diberikan guru memudahkan peserta didik dalam memahami materi secara kombinasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andini, Eka Putriekaputriandini08@gmail.comD93217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Metode Pembelajaran
Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; Program GEMA KOTA PRAJA; Pengelolaan Pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Putri Andini
Date Deposited: 08 Nov 2021 23:54
Last Modified: 08 Nov 2021 23:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50959

Actions (login required)

View Item View Item