Implementasi nilai jurnalisme profetik dalam produksi berita di lembaga pers Mahasiswa Ara Aita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijaya, Arfan Eka (2021) Implementasi nilai jurnalisme profetik dalam produksi berita di lembaga pers Mahasiswa Ara Aita. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arfan Eka Wijaya_B01217007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Intervensi internet pada media massa telah berimplikasi pada terjadinya transformasi pola kerja di ruang redaksi maupun profesionalitas jurnalis di lapangan. Banyaknya berita hoaks yang sering ditemukan di dunia maya adalah salah satu bukti sekaligus tantangan bagi para jurnalis saat ini. Berangkat dari permasalahan tersebut, konsep jurnalisme profetik menarik untuk dikaji, yakni jurnalisme yang merujuk pada seruan untuk meneladani sifat Rasulullah SAW, seperti jujur (shiddiq), menyampaikan pesan yang mendidik (tabligh), terpercaya (amanah), dan cerdas yang penuh bijaksana (fathanah). Penelitian ini membahas implementasi jurnalisme profetik terhadap produksi berita di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ara Aita Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada subyek penelitian yang ditentukan secara purposive, penelitian ini menemukan bahwa LPM Ara-Aita telah mengimplementasikan jurnalisme profetik dalam memproduksi berita, meskipun belum secara komprehensif, yakni khususnya aspek nilai shidiq yang belum diimplementasikan secara optimal oleh redaksi Ara-Aita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijaya, Arfan Ekaarfanekawijaya@gmail.comB01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087301
Subjects: Media Massa
Organisasi Mahasiswa
Keywords: Jurnalisme; Jurnalisme Profetik; Lembaga Pers Mahasiswa Ara Aita.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arfan Eka Wijaya
Date Deposited: 08 Nov 2021 22:40
Last Modified: 08 Nov 2021 22:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50956

Actions (login required)

View Item View Item