Optimalisasi pendayagunaan zakat melalui program Indonesia mendengar pada masyarakat tuna rungu: analisis ketercapaian Sustainable Development Goals pada program Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqah Muhammadiyah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasyiem, MH. Maulana Fahmil Ilmi (2021) Optimalisasi pendayagunaan zakat melalui program Indonesia mendengar pada masyarakat tuna rungu: analisis ketercapaian Sustainable Development Goals pada program Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqah Muhammadiyah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mh. Maulana Fahmil Ilmi Hasyiem_G95217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berpola deduktif yaituteknik menganalisa suatu penelitian untuk menggambarkan, mendiskripsikan atau memaparkan data apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini merupakan jawaban dari rumusan masalah. Pertama, pendayagunaan dana zakat melalui program Indonesia Mendengar pada masyarakat tuna rungu di Lazismu Jawa Timur adalah dananya didapat dari dana zakat dan juga dari para donatur yang langsung berdonasi khusus untuk program Indonesia Mendengar. Kedua, Ketercapaian Sustainable Development Goals(SDGs) terhadap pendayagunaan dana zakat melalui program Indonesia Mendengar pada masyarakat tuna rungu di Lazismu Jawa Timur terdiri atas 3 goals dari 6 goals pilar pembangunan sosial yaitu nol kelaparan termasuk ke dalam pencapaian rupiah pertenaga kerja menurun, jika penyandang disabilitas dibiarkan begitu saja tanpa adanya bantuan maka kehidupannya akan terancam dan menyebabkan perekonomiannya mengalami penurunan., menjamin kehidupan sehat yakni pelayanan kesehatan melalui pemberian alat bantu pendengaran dan mencapai kesetaraan gender yakni mendukung pemberdayaan perempuan.Adapun saran peneliti bagi Lazismu Jawa Timur khususnya bagi program Indonesia Mendengar agar kedepannya semakin lebih maksimal dalam segala kegiatan dan menciptakan perekonomian berkelanjutan yang lebih baik. Saran bagi peneliti selanjutnya semoga penelitian ini dapat dijadikan acuan meskipun masih jauh dari kata sempurna. Untuk penelitian selanjutnya sendiri semoga jauh lebih baik dan dapat menggali informasi yang lebih dalam lagi. Dengan adanya penelitian ini semoga dapat menambah wawasan bagi yang membacanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasyiem, MH. Maulana Fahmil Ilmimhmaulanafahmililmih@gmail.comG95217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Cacat - Tunarungu
Zakat
Keywords: Pendayagunaan Zakat; Program Indonesia Mendengar; Sustainable Development Goals (SDGs).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: MH.Maulana Fahmil Ilmi Hasyiem
Date Deposited: 06 Nov 2021 13:14
Last Modified: 06 Nov 2021 13:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50935

Actions (login required)

View Item View Item