Analisis Hukum Islam terhadap praktik sewa sawah di Desa Sono Patik Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santi, Misel Natali Nur (2020) Analisis Hukum Islam terhadap praktik sewa sawah di Desa Sono Patik Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Misel Natali Nur Santi_C92216180.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan, serta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan kasus yang dianalisis, serta sumber data diperoleh dari data primer yang meliputi data keterangan pemilik sawah dan penyewa sawah di Sono Patik ,dan data sekunder yang bersifat membantu, menunjang serta memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Praktik sewa menyewa sawah di Desa Sonopatik Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk dilakukan dengan cara pihak penyewa memberikan uang sewa dibayar penuh pada saat akad berlangsung. pada saat transaksi penyewa menjelaskan sawah disewa hanya untuk bercocok tanam, namun saat musim kemarau pihak penyewa memanfaatkan sawah untuk produksi batu bata tanpa sepengetahuan pemilik sawah. Dalam hal ini manfaat (sawah) yang disewakan menjadi kering dan tidak subur. Berdasarkan hukum Islam, praktik sewa menyewa sawah di Desa Sonopatik Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk tidak memenuhi syarat dalam akad ija>rah. Sehingga sewa-menyewa tersebut tidak sah karena praktik tersebut telah merusak manfaat/ objek sewa, yaitu tanah menjadi rusak, kering dan kesuburan berkurang. Sehingga hal seperti ini sangat merugikan pihak pemilik sawah.Sejalan dengan kesimpulan di atas, bagi pemilik sawah, sebaiknya sebelum terjadi sewa sawah harus menjelaskan jangka waktu dan pemamfaatan tanah agar tidak terjadi kesalaahpahaman sewaktu waktu. Kemudian Bagi penyewa, Sebaiknya dalam melakukan sewa-menyewa tanah sawah sesuai dengan kesepakatan awal dan tidak bertentangan dengan hukum Islam. Bagi masyarakat pada umumnya, sebaiknnya dalam melakukan sewa menyewa harus jelas dan tidak
bertentangan dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santi, Misel Natali Nurmiselnatalinursanti@gmail.comC92216180
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Ekonomi Islam
Fikih
Hukum
Keywords: Sewa; Sewa sawah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Misel Nur Santi
Date Deposited: 04 Nov 2021 22:58
Last Modified: 04 Nov 2021 22:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50922

Actions (login required)

View Item View Item